get app
inews
Aa Read Next : 8 Fakta Unik Kampung Cireundeu yang Masih Mempertahankan Adat dan Budaya

Jaga Tradisi, Pemdes Panguragan Wetan Gelar Mapag Sri

Senin, 28 Maret 2022 | 22:16 WIB
header img
Pagelaran wayang dalam rangka mapag sri di desa Panguragan Wetan (Foto : Dede Kurniawan)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Dalam rangka melestarikan adat tradisi yang sudah turun temurun dilaksanakan oleh masyarakat desa Panguragan Wetan, Pemerintah Desa pun mengadakan kegiatan Mapag Sri dengan mengadakan pagelaran seni tradisional yakni wayang kulit di Balai desa setempat, Senin (28/3/2022).

Kuwu Panguragan Wetan, Ali Zainal Abidin, mengatakan, kegiatan Mapag Sri adalah salah satu tradisi yang sudah turun temurun dilaksanakan oleh masyarakat desa. Tradisi ini adalah ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas limpahan rezeki yang sudah diterima oleh masyarakat.

"Ada sisi positif yang dapat kita ambil dari kegiatan mapag sri ini, semoga pada saat panen raya nanti, tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan masyarakat bisa merasakan kenikmatan dari jerih payahnya selama ini," ujar Ali.

Ali juga mengatakan akan tetap berkomitmen untuk melestarikan adat tradisi yang ada di desa Panguragan Wetan ini, dan tidak akan menghilangkan adat tradisi yang sudah ada karena dirinya sadar kalau bukan kita semua yang melestarikan adat tradisi maka adat tradisi sebagi salah satu ciri bangsa Indonesia akan hilang terkikis waktu.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut