get app
inews
Aa Read Next : 10 Kota Batik di Indonesia, Ada yang Terkenal hingga ke Manca Negara

7 Geopark di Indonesia yang Sudah Masuk Dalam UNESCO Global Geopark

Senin, 19 September 2022 | 16:53 WIB
header img
Geopark Indonesia Mendunia, Kini Diakui UNESCO ( Foto : MNC)

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Diakui UNESCO, Berikut 7 geopark di Indonesia yang diakui sebagai taman geologi dunia. Terbaru adalah Geopark Maros Pangkep, Sulawesi Selatan yang resmi masuk bagian dari UNESCO Global Park (UGG) berdasarkan hasil rapat dewan council UNESCO Global Geopark di Thailand.

Dengan masuknya Geopark Maros Pangkep, maka total sudah tujuh taman bumi di Tanah Air yang sudah jadi bagian dari geopark UNESCO. Geopark Maros Pangkep punya banyak keunikan di antaranya ada lukisan prasejarah diperkirakan berusia 40.000 tahun.

Geopark atau geological park adalah kawasan terpadu tunggal yang menyatukan keadaan geografi dimana situs dan bentang alam yang mempunyai makna geologi internasional, dikelola berdasarkan konsep perlindungan, pendidikan, dan pembangunan berkelanjutan.

Berikut 7 geopark di Indonesia yang sudah masuk dalam UNESCO Global Geopark :

1. Geopark Gunung Sewu, Yogyakarta

Geopark Gunung Sewu adalah kawasan perbukitan yang berada di antara Yogyakarta dan Pacitan. Daya tarik kawasan yang dikukuhkan pada 2015 ini berupa pemandangan alam dan berbagai peninggalan budaya paleolitikum-neolitikum.

2. Geopark Batur, Bali

Geopark Batur di Bali menjadi geopark pertama di Indonesia yang ditetapkan UNESCO pada 2016. Selain Gunung dan Danau Batur yang indah, di geopark ini juga terdapat ras endemik anjing kintamani, dan berbagai pura serta situs sejarah.

3. Geopark Rinjani Lombok, Nusa Tenggara Barat

Geopark Rinjani Lombok di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat ini masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Geopark yang masuk UGG pada 2016 ini identik dengan beragam flora dan fauna endemik. Bahkan, sebagian besar kawasan ini menopang kehidupan masyarakat di sekitarnya.

4. Geopark Ciletuh, Jawa Barat

Geopark Ciletuh adalah kawasan geopark yang terletak di Sukabumi dengan berbagai objek wisata menarik. Geopark yang diresmikan pada 2018 ini terdapat Curug Cikanteh, Panenjoan, Puncak Darma, Pulau Batik, dan lain-lain. Kawasan ini identik dengan bebatuan unik dan pemandangan yang indah.

5. Geopark Kaldera Toba, Sumatera Utara

Geopark Kaldera Toba di Sumatra Utara menjadi kawasan dengan danau terbesar di Indonesia. Kaldera Toba yang diresmikan pada 2020 ini juga memiliki kaitan geologis dan warisan tradisi yang tinggi dengan masyarakat lokal.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut