get app
inews
Aa Read Next : Turnamen Kampung di Klangenan Cirebon, Momentum Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan

Antisipasi Banjir, Rumah Zakat Ajak Warga Tanam Pohon

Kamis, 18 November 2021 | 19:32 WIB
header img
Penanaman pohon di tanggul sungai agar tidak terjadi longsor oleh Rumah Zakat di desa Slangit (Foto: Istimewa)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Musim Penghujan sudah mulai mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Cirebon, potensi terjadinya banjir diperkirakan akan terjadi di beberapa tempat termasuk di desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon.

"Desa Slangit potensi bencananya banjir, pada 12 Januari 2021 kemarin banjir hingga 1 meter, penyebabnya adalah sumbatan di kali pembuang saluran kali kuncirasi di sebelah timur wilayah desa Slangit," ujar Anjoyo, selaku relawan inspirasi desa berdaya desa Slangit, Kamis (18/11/2021)

Dikatakan Anjoyo, pihaknya mengaku prihatin dengan kondisi pendangkalan sungai dan rawan jebolnya tanggul sungai, jika hujan sering banjir. Dengan adanya normalisasi, maka rumah zakat hadir memelihara tanggul agar tidak longsor dengan penanaman pohon berakar panjang.

"Alhamdulillah dibulan Oktober 2021 ini ada normalisasi dan sudah beberapa kali hujan besar, namun desa Slangit tidak lagi mengalami banjir, karena tanggul yang selama ini menjadi kendala juga sudah diperbaiki," katanya.

Rumah Zakat, menurut Anjoyo hadir berkontribusi untuk menanam pohon sebagai upaya meminimalisir bencana longsor yang terjadi di tanggul sehingga menyebabkan banjir," terangnya.

Anjoyo juga mengatakan, pohon yang di tanam pihaknya ini adalah jenis Mahoni, Angsana dan Jati Putih, sebanyak 150 pohon.

"Alhamdulillah tanggul sungai jadi tidak gundul lagi mudah-mudah cepat besar tanggulnya tidak longsor, terima kasih rumah zakat," ujar Abdul Hadi, selaku Sekdes desa Slangit, singkat.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut