get app
inews
Aa Read Next : Ketua Tim Relawan Pemenangan Presiden, Perkenalkan Caleg PAN Cirebon Konsisten Dukung Ganjar

3 Perempuan Sumber Inspirasi Soekarno, dari Pengasuh Hingga Penulis Belanda

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 08:24 WIB
header img
3 Perempuan Sumber Inspirasi Soekarno, dari Pengasuh Hingga Penulis Belanda ( Foto : MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Tokoh besar Indonesia, Soekarno, telah menginspirasi banyak orang. Sebaliknya, Presiden pertama Republik Indonesia ini juga mendapatkan inspirasi dari beragam tokoh yang berasal dari berbagai kalangan, termasuk dari kaum perempuan.

Berikut adalah 3 perempuan yang menjadi sumber inspirasi Soekarno.

1. Inggit Garnasih

Sosok Inggit Garnasih dikenal sebagai istri kedua Soekarno. Soekarno menikahi Inggit pada 1923, dengan jarak usia yang cukup jauh yakni sekitar 12 tahun. Sejak masih remaja, perempuan asli Bandung ini sudah menjadi bunga desa di tempatnya. Banyak pria mengaku menaruh hati kepada Inggit lantaran parasnya yang sangat cantik. Sebelum menikah dengan Soekarno, Inggit tercatat pernah dua kali mengarungi bahtera rumah tangga yakni dengan Nata Atmaja dan Haji Sanusi. Sayangnya, dua pernikahan itu berakhir dengan perceraian.

Saat mendampingi Soekarno, Inggit menjadi sumber inspirasi perjuangan suaminya. Ketika Soekarno dijebloskan dalam penjara Banceuy pada 23 Desember 1929 oleh pihak Belanda selama 8 bulan, Inggit terus berada di samping suaminya dan memberikan semangat.

Dorongan semangat yang diberikan Inggit tentunya memantik semangat Soekarno untuk terus bersuara menentang penjajahan. Bahkan, Inggit terus berada di sisi Soekarno ketika ia diasingkan ke Flores dan Bengkulu. Pasangan ini memutuskan untuk berpisah pada 1942, kala usia pernikahannya menginjak 20 tahun. Perempuan tangguh itu tidak ingin dimadu. Diketahui, saat itu Soekarno jatuh cinta dengan Fatmawati yang tinggal di Bengkulu.

2. Sarinah

Nama Sarinah terkenal sebagai sebuah pusat perbelanjaan di wilayah Jakarta Pusat. Sarinah adalah proyek milik Soekarno yang didirikan pada 15 Agustus 1966. Usut punya usut, sang proklamator memberi nama Sarinah pada proyeknya tersebut lantaran dirinya terinspirasi dari sang pengasuh yang bernama Sarina

Sarinah, pengasuh Soekarno, adalah orang yang pertama kali mengajarkan Soekarno untuk menjadi pribadi yang mengerti kepentingan rakyat.

“Karno, yang terutama engkau harus mencintai ibumu. Akan tetapi kemudian engkau harus mencintai pula rakyat jelata. Engkau harus mencintai manusia umumnya,” kata Soekarno menirukan Sarinah, sebagaimana dikutip dari Okezone (26/8/2021).

Semasa menjadi pengasuhnya, Sarinah diketahui tidak mendapatkan bayaran sepeser pun dari keluarga Soekarno.

3. Henriette Roland Holst

Perempuan lainnya yang juga menjadi inspirasi Soekarno adalah penyair dan penulis Belanda, Henriette Roland Holst. Melansir laman Kemendikbud, Holst yang memiliki nama lain Henriette Goverdina Anna van der Schalk lahir di Noordwijk, Belanda pada 24 Desember 1869. Pemikiran Soekarno banyak dipengaruhi oleh berbagai tokoh, salah satunya Holst. Penulis andal ini menjadi inspirasi Soekarno selama masa perjuangannya.

Berbagai risalah Soekarno, seperti Indonesia Menggugat, terinspirasi dari buku milik Holst. Sementara itu, Holst juga mendukung kemerdekaan Indonesia dan kerap menyuarakan pendapatnya melalui kampanye.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut