get app
inews
Aa Read Next : Gaji Pegawai Pertamina 2023 yang Fantastis Jadi Idaman Anak Muda

10 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia 2022, Indonesia Termasuk?

Kamis, 25 Agustus 2022 | 13:12 WIB
header img
10 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia 2022, Indonesia Termasuk? ( Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Beberapa negara dengan gaji tertinggi di dunia 2022 bisa menjadi referensi Anda dalam bekerja. 

Tentunya beberapa negara ini diketahui memiliki etos kerja yang tinggi serta ekonomi yang maju. Dengan demikian, sangat wajar bila mereka menggaji masyarakat dengan nilai yang begitu tinggi. 

Penasaran dengan negara dengan gaji tertinggi di dunia 2022? Simak penjelasan yang dihimpun kami dari berbagai sumber. 

Ukuran Gaji Tertinggi 

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mengatakan pengukuran gaji masyarakat melalui suatu metode yang disebut Kaitz Indeks. Tentunya ini membandingkan besaran upah minimum yang berlaku dengan median upahnya (kaitz indeks).

Ida melanjutkan, besaran upah minimum saat ini hampir di seluruh wilayah sudah melebihi median upah. Bahkan Indonesia menjadi satu-satunya negara dengan Kaitz Index lebih besar dari 1, di mana idealnya berada pada kisaran 0,4 sampai dengan 0,6.

10 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia 2022

1. Luksemburg

Luksemburg merupakan sebuah negara kecil terletak di Eropa Barat. Meskipun kecil, Luksemburg merupakan salah satu ekonomi maju dengan PDB per kapita tertinggi di dunia. Negara ini berbatasan darat dengan tiga negara, yaitu Prancis, Jerman, dan Belgia. Bahasa resminya adalah Luksemburg, Prancis, dan Jerman. 

Bahkan saking tingginya, setengah dari populasi yaitu, 576.249 adalah warga negara asing. Pendapatan tahunan rata rata pekerja di sini mencapai USD60.369 atau sekitar Rp859 juta per tahun. Industri teratas di negara ini yaitu perbankan dan layanan keuangan, layanan real estate, konstruksi, baja, logam, kaca, aluminium, teknologi informasi, telekomunikasi, teknik, transportasi kargo, bahan kimia, bioteknologi, pariwisata.

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat menyumbang sekitar 25 persen dari PDB global. Amerika Serikat merupakan negara terbesar ketiga dan terpadat ketiga di dunia. Di kancah internasional, AS adalah kekuatan politik, budaya, dan ilmiah terkemuka. 

Bisa dikatakan AS adalah tempat percampuran budaya, tradisi, dan nilai. Selain itu, pendapatan tahunan rata-rata pekerja di Amerika Serikat adalah USD 58.714 atau sekitar Rp835 juta per tahun. Industri teratas di negara ini yaitu barang konsumsi, elektronik, minyak bumi, baja, kendaraan bermotor, telekomunikasi, pengolahan makanan, dirgantara, kayu, pertambangan, bahan kimia.

3. Swiss

Swiss terkenal dengan jam tangan, cokelat, serta Pegunungan Alpen. Negara ini merupakan rumah bagi perusahaan multinasional besar seperti Nestle, Novartis, Credit Suisse, UBS AG, Glencore, Tetra Pak, dan The Swatch Group.

Melansir berbagai sumber, pendapatan tahunan rata-rata pekerja di sana mencapai USD 58.389 atau sekitar Rp831 juta per tahun. Industri teratas di Swiss adalah mesin, jam tangan, farmasi, tekstil, instrumen presisi, bahan kimia, pariwisata, perbankan, asuransi

4. Norwegia

Negara dengan gaji tertinggi di dunia 2022 selanjutnya yaitu 

Norwegia. Mereka tercatat memiliki pendapatan per kapita tertinggi keempat di dunia menurut data IMF dan Bank Dunia. 

Tidak heran, mereka menempati posisi teratas di World Happiness Report dan memiliki salah satu tingkat kejahatan terendah di dunia. Pendapatan tahunan rata-rata pekerja di Norwegia tercatat mencapai USD50.908 atau sekitar Rp724 juta.

Sedangkan industri teratas di negara ini yaitu minyak dan gas, perkapalan, akuakultur, perikanan, pengolahan makanan, produk kertas, pembuatan kapal, bahan kimia, logam, kayu, pertambangan, tekstil.

5. Belanda

Belanda menduduki peringkat keenam negara paling bahagia di dunia pada tahun 2017, berdasarkan United Nations World Happiness Report. Negara ini memiliki pendidikan publik yang baik, infrastruktur, dan perawatan kesehatan universal.

Melansir berbagai sumber, pendapatan tahunan rata-rata pekerja di Belanda tercatat mencapai USD 50.670 atau sekitar Rp721 juta per tahun. Industri teratas di Belanda yaitu agroindustri, mesin dan peralatan listrik, produk logam dan teknik, bahan kimia, konstruksi, minyak bumi, mikroelektronika, perikanan. 

6. Australia

Berada dekat dengan Indonesia. Australia merupakan memiliki pendapatan tahunan rata-rata pekerja di Australia tercatat mencapai USD50.167 atau sekitar Rp714 juta per tahun.

Industri teratas di Australia yaitu pariwisata, jasa keuangan, pertambangan, peralatan industri, peralatan transportasi, bahan kimia, baja, pengolahan makanan. 

7. Denmark

Negara dengan gaji tertinggi di dunia 2022 wilayah skandinavia selanjutnya adalah Denmark. Cuaca sejuk di musim dingin maupun musim panas menjadi lokasi cocok untuk bekerja.

Negara ini memiliki upah minimum tertinggi di dunia, karena tidak ada undang-undang upah minimum dan pengaruh kuat dari serikat pekerja. Pendapatan tahunan rata-rata pekerja di Denmark mencapai USD50.024 atau sekitar Rp711 juta per tahun.

Industri teratas di Denmark yaitu baja, logam non ferrous, bahan kimia, mesin, pengolahan makanan, peralatan transportasi, tekstil, elektronik, konstruksi, furnitur, pembuatan kapal, kincir angin, farmasi.

8. Kanada

Kanada terkenal dengan negara urban, sebab 82 persen populasi terkonsentrasi di kota-kota besar dan menengah. Secara internasional, peringkatnya tinggi dalam hal kualitas hidup, pendidikan, kebebasan ekonomi, transparansi pemerintah, dan kebebasan sipil.

Perbatasan daratan dengan Amerika Serikat adalah yang terpanjang di dunia, membentang 8.891 kilometer. Pendapatan tahunan rata-rata pekerja di Kanada yaitu USD47.843 atau sekitar Rp680 juta per tahun. Industri teratas di Kanada yaitu minyak bumi dan gas alam, peralatan transportasi, bahan kimia, produk makanan, produk ikan, produk kayu dan kertas, mineral yang diproses dan tidak diproses.

9. Belgia

Selanjutnya Belgia yang memiliki standar hidup, kesehatan, dan pendidikan yang sangat tinggi. Selain itu, peringkatnya sebagai salah satu negara teraman dan paling damai di dunia. 

Pendapatan tahunan rata-rata pekerja di negara ini yaitu sebesar USD47.702 atau sekitar Rp678 juta per tahun. Penggerak ekonomi negara ini berasal dari sektor makanan dan minuman olahan, teknik dan produk logam, peralatan transportasi, perakitan kendaraan bermotor, bahan kimia, instrumen ilmiah, tekstil, kaca, minyak bumi, logam dasar.

10. Islandia

Terakhir negara dengan gaji tertinggi di dunia 2022 yaitu Islandia yang hanya memiliki populasi 348.580 orang. Ini menjadikan negara tersebut berpenduduk paling sedikit di Eropa. 

Indeks Pembangunan Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa menempatkan Islandia sebagai negara paling maju ke-9 di dunia. Negara ini hampir seluruhnya menggunakan energi terbarukan, khususnya panas bumi dan tenaga air. Pendapatan tahunan rata-rata pekerja di negara ini yaitu USD46.074 atau sekitar Rp656 juta per tahun.

Industri teratas di negara ini yaitu sektor pariwisata, pengolahan ikan, tenaga panas bumi, tenaga air, peleburan aluminium, produksi ferosilikon.

Itulah penjelasan negara dengan gaji tertinggi di dunia 2022. Semoga informasi ini berguna bagi Anda dan menambah wawasan Anda

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut