Logo Network
Network

Cegah Perundungan di Sekolah, IWO Cirebon Edukasi Melalui Dongeng

Riant Subekti
.
Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:21 WIB
Cegah Perundungan di Sekolah, IWO Cirebon Edukasi Melalui Dongeng
Pendongeng Cirebon, Kak Jum Membawakan Dongeng Didepan Siswa Siswi SDN 1,2,3 Keramat Kota Cirebon ( Foto : Rian Subekti)

KOTA CIREBON, iNews.id - Sebagai tempat menimba ilmu, perundungan seharusnya tidak terjadi di satuan pendidikan. Pihak sekolah harus menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan bagi anak-anak.

Salah satu cara menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan adalah dengan menumbuhkan kehidupan pergaulan yang harmonis dan kebersamaan antar peserta didik dengan tenaga pendidik, orang tua serta masyarakat. Tindakan ini juga sebagai bentuk pencegahan perundungan di lingkungan anak-anak.

Guna mendorong kondisi tersebut, Ikatan Wartawan Online (IWO) Cirebon Raya menggandeng Kelurahan Kesenden,Kota Cirebon dan Pendongeng Cirebon mengadakan Road Show Dongeng ke sejumlah Sekolah Dasar dengan tema Cegah Bullying atau Perundungan di Lingkungan Sekolah. 

Sekolah pertama yang dikunjungi dalam Road Show tersebut adalah Sekolah Dasar (SD) Negeri 1,2 dan 3 Keramat, Kota Cirebon, Kamis ( 11/8/2022).

Nampak ratusan siswa siswa SD antusias saat Kak Jum membawakan cerita dongeng yang berkaitan dengan tema diatas. 

Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Cirebon, Muslimin menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak tentang apa itu Bullying (perundungan). Seperti diketahui, kasus perundungan yang terjadi pada anak-anak bisa menimbulkan korban jiwa. 

"Seperti kita ketahui bersama, yang terakhir Kasus perundungan di Tasikmalaya itu sampai si anak nekat bunuh diri. Ini tentu menjadi keprihatinan bersama, dan harus dicegah," jelasnya. Kamis (11/8/2022). 

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini