get app
inews
Aa Read Next : Desakan Pemecatan Shin Tae-yong Menggema, Anggota Exco PSSI Buka Suara

6 Pelatih Sepak Bola Asal Indonesia hingga Ada yang Berkarir di Luar Negeri

Kamis, 04 Agustus 2022 | 15:17 WIB
header img
Kurniawan Dwi Yulianto kini berkiprah sebagai asisten pelatih di klub kasta kedua liga Italia, Como 1907. Foto: Ist

PARA pelatih Sepak Bola asal Indonesia banyak diantaranya yang menimba ilmu di negara orang dan kemudian berkarir di klub-klub asing. 

Ini daftar pelatih yang melatih di luar negeri. Mereka adalah:

1. Rahmad Darmawan 

Karir di dunia kepelatihan sepak bola bagi Rahmad Darmawan cukup panjang. Sebelum menjadi pelatih, pria kelahiran 26 November 1966 ini pernah bermain mewakili Lampung di ajang PON ke-11. RD, panggilan akrabnya, sempat memperkuat skuat Timnas Indonesia U-23, meskipun gagal bertanding karena cedera. Dia lalu bergabung dengan Persija Jakarta. 

Setelah gantung sepatu pada 1998, Coach RD merintis karier sebagai pelatih dengan menjadi asisten pelatih di Persikota Tangerang. Sejak itu, dia berpindah-pindah menangani berbagai klub, sebut saja Persipura, Persija, Sriwijaya FC, hingga Madura United. Dia pernah beberapa kali mengasuh penggawa Timnas Indonesia.  

Tidak hanya itu, Rahmad Darmawan juga sempat melatih klub sepak bola Malaysia, Terengganu FC II, pada tahun 2015 sampai 2017. Kini, pelatih yang telah mengantongi lisensi UEFA Pro ini dipercaya melatih RANS FC. 

2. Pudji Handoko 

Assalam FC, klub sepak bola asal Timor Leste merekrut pemain muda Persela Lamongan. Ternyata, dalam perekrutan itu, bukan hanya pemainnya, Assalam FC juga turut merekrut mantan pelatih Persela Lamongan, Pudji Handoko.  

Pada 2019 Pudji Handoko ditarik untuk melatih klub yang didirikan oleh orang-orang Indonesia di Dili, Timor Timur itu. Bukan tanpa alasan, Assalam FC mengambil langkah tersebut karena melihat performa Pudji yang berhasil mengantarkan Persela Lamongan ke peringkat pertama Liga 1 U-20 pada 2019. 

Pudji Handoko dikenal sebagai pelatih Gresik United yang berlaga di Liga 2 tahun 2018. Karena memperoleh hasil yang tidak begitu baik, Pudji memilih mengembangkan sayap kepelatihannya ke negara tetangga, Timor Leste. 

3. Rudy Eka Priyambada 

Rudy Eka sedang menjadi obrolan hangat saat ini. Pasalnya, pria kelahiran 5 Desember 1982 ini berhasil membawa Timnas Wanita Indonesia ke ajang Piala Asia 2022 setelah 33 tahun absen. 

Dia berhasil meloloskan Timnas Wanita Indonesia dalam babak kualifikasi setelah mengalahkan Singapura. 

Rudy ternyata tidak pernah sama sekali berkecimpung menjadi pemain bola profesional. Walaupun begitu, Rudy pernah berkarier sebagai asisten pelatih Klub Al-Najma yang bermain di Liga Bahrain.  

Rudy mengawali karier sebagai pelatih di luar negeri dengan mengasuh Monbulk Rangers, klub semi pro di Victoria, Australia pada 2012. Rudy kini telah memiliki lisensi UEFA Pro. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut