get app
inews
Aa Read Next : BREAKING NEWS: Ritual Maut Pantai Payangan Jember Telan Korban, 10 Orang Tewas Terseret Ombak 

Ada Naga Tidur di Balik Keindahan Pantai Watu Ulo Jember

Rabu, 09 Juni 2021 | 16:42 WIB
header img
Keindahan Pantai Watu Ulo (Foto: Instagram @prscn)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak cerita rakyat, hampir semua kawasan wisata alam diselimuti legenda dan asal-usul unik. Termasuk di antaranya Jember, Jawa Timur. Di sini ada pantai eksotis yang dijamin bakal memanjakan mata wisatawan.

Salah satu tempat wisata yang berselimut legenda adalah Pantai Watu Ulo di Jember, Jawa Timur. Bertempat di Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, pantai ini memiliki pasir berwarna hitam dan memandang ke arah timur, menyajikan garis pantai yang mencapai bukit-bukit di Payangan dan Taman Nasional Meru Betiri. Lantas, apa keunikan lain yang terdapat di Pantai Watu Ulo Jember? Berikut ulasannya dirangkum melalui YouTube Sobat Asik, Rabu (9/6/2021).

Satu hal yang unik dari pantai ini adalah adanya batu panjang menjorok ke laut yang memiliki tekstur mirip sisik ular. Keunikan itulah yang membuat pantai ini disebut Watu Ulo. Dalam bahasa Jawa, “watu” berarti batu dan “ulo” berarti ular. Ini yang membuat pantai ini memiliki arti nama “batu ular” secara harfiah.

Konon katanya, batu ular yang panjang tersebut adalah sesosok naga yang sedang tertidur. Ada banyak versi legenda yang menceritakan asal-usul batu ini, salah satunya adalah legenda Ajisaka. Pada zaman dahulu, datanglah seorang raja bernama Ajisaka ke tanah Jawa. Di Jawa, Ajisaka mengajarkan ilmu pengetahuan dan kesaktian pada masyarakat.

Di tengah mengajar, seekor ayam tidak sengaja mencuri-dengar ilmu yang diajarkan Ajisaka. Padahal, menurut peraturan Ajisaka, tidak ada yang boleh mendengarkan ajarannya kecuali orang-orang yang sudah dia izinkan.

Akibatnya, ayam itu mendadak melahirkan telur yang amat besar. Telur itu kemudian menetaskan seekor naga yang mampu berbicara. Naga itu pun bertanya-tanya perihal ayahnya, hingga akhirnya suatu hari warga desa memberitahu naga itu soal keberadaan seorang sosok bijaksana bernama Ajisaka.

Ketika didatangi oleh sang naga, Ajisaka tidak terkejut dan mengakui, naga kecil itu memang anaknya yang berasal dari telur ayam lewat mantra yang dia ucapkan. Meskipun begitu, Ajisaka tidak mengizinkan sang naga ikut dengannya. Dia menyuruhnya bertapa di pantai laut selatan.

Naga kecil itu pun menurut dan bertapa selama ratusan tahun hingga tubuhnya membesar. Saking besarnya, tubuh naga itu melintang dari Jawa Timur sampai Jawa Tengah. Kepalanya di Banyuwangi, sebagian badannya di Jember, dan sisa ekornya di Jawa Tengah.

Bagian tubuh yang membesar dan mengeras itu yang sekarang menjadi batu panjang bertekstur sisik ular di Pantai Watu Ulo. Konon, naga itu akan bangun suatu saat nanti dan menjelma menjadi manusia yang akan memimpin Jawa. Bagaimana, penasaran dengan pemandangan Pantai Watu Ulo di Jember?

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut