get app
inews
Aa Read Next : PPKM Darurat, Ojek Online Kebanjiran Order

Nama Ryan Hidayat Melambung Saat Perankan Serial Lupus dan Miliki Banyak Pacar

Rabu, 09 Juni 2021 | 16:04 WIB
header img
Ryan Hidayat dan Nike Ardila sempat menjadi ikon pasangan remaja di era 1990-an. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Di era tahun 1990-an, ada seorang aktor tampan bernama Ryan Hidayat dan masyarakat yang tumbuh di masa itu pasti mengenalnya. Ia terkenal dengan perannya sebagai Lupus. Ya, Lupus merupakan tokoh fiksi yang diangkat dari serial novel berjudul sama dengan filmnya karangan Hilman Hariwijaya.

Novel Lupus, pertama diterbitkan pada 1986 berjudul Lupus I: Tangkaplah Daku Kau Kujitak. Tulisan ini kemudian diangkat ke layar lebar dengan judul sama pada 1987. Lupus, yang diperankan Ryan Hidayat, adalah seorang pelajar SMA yang aktif menulis sebagai wartawan sebuah majalah.

Lupus, khas dengan tingkahnya yang suka mengunyah permen karet, cuek dan jahil. Dalam film yang disutradarai oleh Achiel Nasrun, aktor berdarah Ceko itu beradu akting dengan Nurul Arifin, Gito Gilas, Firda Razak, Tatiek Wardiono, Cornelia Agatha, Henky Solaiman, dan Ria Irawan.

Selain seri film Lupus I, kakak dari model sekaligus aktris dan presenter Claudia Hidayat ini juga membintangi Lupus II: Makhluk Manis Dalam Bis (1987), Lupus IV: Anak Mami Sudah Besar (1990), dan Lupus V: Iih,,Syereem! (1991).

Selain populer dengan film Lupus, Ryan Hidayat terkenal pula dengan rupanya yang tampan. Beberapa artis cantik sempat dikabarkan menjalin kasih dengannya. Salah satunya Nike Ardilla, penyanyi legendaris Tanah Air yang sempat beradu akting dengan Ryan dalam film Lupus IV.

Selain film Lupus, keduanya juga bertemu dalam film Ricky (1990), besutan sutradara Achiel Nasrun. Di film itu, keduanya berperan sebagai sepasang kekasih. Gara-gara film tersebut, keduanya menjadi pasangan idola kawula muda pada masanya. Tidak hanya Nike Ardilla, Ryan juga disebut sempat berpacaran dengan aktris Nunu Datau.

Keduanya berkenalan saat sama-sama membintangi film berjudul Lupus II Makhluk Manis dalam Bis, di mana dalam film tersebut, Nunu berperan sebagai pemeran pendukung. Kemudian setelah dikabarkan putus dari Nunu, Ryan disebut-sebut dekat dengan penyanyi Titi DJ. Namun, kabar itu berlalu begitu saja karena Ryan pada akhirnya diketahui menikah dengan seorang perempuan cantik bernama Katherine Ash di Australia pada tahun 1995.

Dua tahun setelah menikah, Ryan meninggal dunia pada usia 26 tahun. Diketahui, pria kelahiran 11 September 1970 ini menderita sakit tifus. Jenazah Ryan kemudian dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut