get app
inews
Aa Read Next : IAI Kabupaten Cirebon Edukasi Penggunaan Obat Selama Ramadhan

6 Daun-daunan yang Berkhasiat Turunkan Kolestrol, Perhatikan Cara Mengelolanya!

Selasa, 02 Agustus 2022 | 05:05 WIB
header img
Daun jati Belanda (Foto: Wikipedia)

KOLESTROL bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami, yakni dengan daun-daunan. Ada beberapa daun yang berkhasiat menurunkan kolesterol.

Tingginya kadar kolestrol dalam darah patut diwaspadai,  sebab bila kolesterol tinggi bisa memicu banyak penyakit seperti stroke, diabetes, hingga jantung.

Oleh karenanya, kadar kolesterol harus dapat dikelola dengan baik, salah satunya dengan menjalani gaya hidup sehat. Namun bagi Anda yang sudah memiliki riwayat kolesterol, Anda bisa rutin berobat ke dokter.

Selain itu, kadar kolestrol juga dapat dibantu diturunkan secara alami seperti dengan mengelola berbagai jenis daun-daunan berikut ini :

1. Daun jati belanda

Di dalam daun jati belanda mengandung asam folat, damar, tanin, flavonoid, alkaloid, saponin, dan, sterol. Kandungan tersebut tentu saja bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Cara mengolahnya dengan merebus 15 sampai 30 gram daun jati belanda. Kemudian air rebusan itu diminum bisa dikonsumsi. Minum ramuan itu secara rutin agar hasilnya maksimal.

2. Daun kelor

Daun kelor atau daun moringa mengandung serat yang yang menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Selain itu daun ini juga mampu mengurangi penyerapan kolesterol di dalam aliran darah.

Cara mengonsumsnya dengan merebus daun kelor lalu diminum air rebusan itu, dibuat sayur, atau bisa juga mengonsumsi teh daun moringa.

3. Daun salam

Daun yang dapat menurunkan kolesterol selanjutnya adalah daun salam. Di dalam daun salam terkandung flavonoid dan antioksidan yang bermanfaat mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Untuk mendapatkan manfaatnya Anda bisa merebus 15 sampai 20 lembar daun salam dan 100 gram kulit polong kacang tanah. Rebus dengan air 800 ml. Minum air tersebut debanyak 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut