get app
inews
Aa Read Next : PPKM Darurat, Ojek Online Kebanjiran Order

Psikolog Sebut Medsos Sudah Jadi Bagian Hidup Masyarakat

Selasa, 08 Juni 2021 | 16:39 WIB
header img
media sosial kini bukan tempat mencari hiburan saja. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id – Media sosial tampaknya sudah menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan dari aktivitas masyarakat. Di era digital saat ini, tidak sedikit orang yang ketika membuka mata setelah tidur, justru yang dicari adalah ponsel. Aktivitas lainnya, seperti makan, menonton televisi, bahkan ke kamar mandi pun selalu memegang gawai.

Begitu dekat hubungan manusia dengan ponsel pintar. Hal ini pun disadari Psikolog Meity Arianty. Menurutnya, peran teknologi saat ini pun sudah bergeser, bahkan ke arah impian profesi. "Dari yang dulunya media sosial itu adalah tempat berekspresi atau berinteraksi dengan teman-teman, mencari kesenangan, kini jadi ladang keuntungan melalui klik, penayangan iklan, dan promosi produk secara langsung," ujarnya kepada iNews.id, Selasa (8/6/2021).

Hal ini yang kemudian membuat sebagian dari anak-anak generasi sekarang mendambakan ingin menjadi influencer atau orang yang terlibat di dalam media sosial. "Ya, penggunaan media sosial sekarang jadi ruang berbisnis dan menghasilkan pundi-pundi uang, sehingga banyak anak muda ingin menjadi Youtuber atau influencer," tuturnya lagi.

Seiring dengan menjamurnya platform media sosial dalam beberapa tahun terakhir, kata Mei, keberadaan influencer pun kian meningkat. Bisa dicek di beberapa survei, menemukan bahwa sepertiga anak-anak berusia remaja memiliki cita-cita ingin berkarier sebagai vlogger atau Youtuber atau influencer.

"Perkembangan teknologi pun membuat anak-anak lebih tertarik menekuni pekerjaan tersebut ketimbang bekerja sambilan. Ditambah lagi pandemi telah mendorong anak-anak dan orangtua untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk menatap layar gadget," katanya.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut