get app
inews
Aa Read Next : Intip 5 Suasana Kamar Mewah Tempat Ashanty di Karantina

Yuk Kenali Gejala Batu Ginjal, Penyakit Ini Diderita Ashanty

Selasa, 08 Juni 2021 | 13:48 WIB
header img
Batu ginjal, penyakit yang kini diderita Ashanty dapat diatasi asal diketahui sejak dini gejala-gejalanya.(Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id Ashanty terkejut setelah didiagnosa mempunyai batu ginjal di tubuhnya. Dokter menemukan batu ginjal yang dimiliki istri penyanyi sekaligus musisi Anang Hermansyah ini sudah berukuran 4 mm.
 
Awalnya Ashanty bertolak menuju Turki untuk melakukan pengobatan autoimun yang dideritanya. Namun, dokter menemukan batu ginjal di tubuh Ashanty usai melakukan medical check-up, meskipun dia tidak merasakan keluhan apapun.
 
Merangkum dari Kidney Fund, Selasa (8/6/2021), jika seseorang memiliki batu ginjal yang sangat kecil yang bergerak dengan mudah melalui saluran kemih, seseorang mungkin tidak memiliki gejala apapun. Mereka bahkan tidak pernah tahu bahwa memiliki batu ginjal.
 
Namun, jika seseorang memiliki batu ginjal dengan ukuran yang lebih besar, maka mungkin akan mengalami salah satu dari gejala berikut:
 
1. Sakit saat buang air kecil
 
2. Darah dalam urin
 
3. Nyeri tajam di punggung atau perut bagian bawah
 
4. Mual dan muntah

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, batu ginjal ini masih bisa dicegah. Cara terbaik untuk mencegah batu ginjal adalah dengan mengonsumsi cukup air setiap hari. Kebanyakan orang harus minum 8-12 cangkir air per hari.
 
Jika seseorang memiliki penyakit ginjal dan perlu membatasi cairan, konsultasikan kepada dokter, berapa banyak cairan yang harus di minum setiap hari. Membatasi natrium dan protein hewani (daging, telur) dalam diet juga dapat membantu mencegah batu ginjal.
 
Jika dokter dapat mengetahui komponen pembentuk batu ginjal, maka dia mungkin dapat memberi rekomendasi diet khusus untuk membantu mencegah batu ginjal di masa depan. Jika memiliki kondisi kesehatan yang berpotensi membentuk batu ginjal, dokter mungkin akan meminta untuk minum obat untuk mengobati kondisi ini.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut