get app
inews
Aa Read Next : PPKM Darurat, Ojek Online Kebanjiran Order

Berhasil Pulangkan Sunenti TKW Ilegal asal Indramayu, Aktivis Migran Apresiasi Langkah Pemerintah

Selasa, 08 Juni 2021 | 13:14 WIB
header img
Sunenti saat tiba di rumahnya di Blok Tengah Desa Sukadana, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu, Senin (7/6/2021) malam. (Foto : Istimewa)

INDRAMAYU, iNews.id - Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Cabang Indramayu mengucap terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah Indonesia.

Pasalnya, Sunenti (42), Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKW asal Blok Tengah Desa Sukadana, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu kini sudah bisa pulang ke kampung halaman setelah sebelumnya tertahan di Shanghai China.

Ketua SBMI Cabang Indramayu, Juwarih mengatakan, Kementerian Luar Negeri melalui Direktorat Perlindungan WNI dan BHI diketahui memfasilitasi seluruh biaya agar Suneti bisa pulang.

"Karena merekalah yang berkoordinasi dengan KJRI di Shanghai sehingga Sunenti bisa pulang," ujar dia, Selasa (8/6/2021).

Sunenti sendiri diketahui merupakan TKW yang bekerja di Sanghai China, ia pun diduga menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) karena diberangkatkan secara ilegal atau unprosedural.

Di China, Sunenti diketahui mengalami sakit komplikasi asam akut dan infeksi lambung, Sunenti tiba-tiba sakit kepala dan langsung tidak sadarkan diri atau koma.

Ia pun dirawat di rumah sakit dan sempat tertahan karena keluarga tidak sanggup melunasi besarnya biaya perawatan.

Sunenti yang hanya merupakan seorang janda dari kalangan keluarga petani diketahui harus melunasi sisa biaya rumah sakit, sebesar Rp 57 juta lagi.

Padahal, keluarga sebelumnya sudah mengirim uang ke rekening teman Sunenti, Dewi untuk membayar biaya pengobatan. Total secara keseluruhan keluarga sudah mengeluarkan biaya Rp 70.400.00.

Uang tersebut, sebagian didapat keluarga dari hasil menggadaikan rumah, akan tetapi biaya pengobatan tersebut tetap masih kurang.

Sisa biaya yang harus dibayar itu semuanya dicover pemerintah, termasuk biaya kepulangan Sunenti ke tanah air setelah merespon surat pengajuan dari SBMI.

Masih diceritakan Juwarih, setibanya di rumah, Sunenti sendiri mengaku sangat bahagia.

Pasalnya, ia sudah lama ingin pulang pulang menemui orang tua dan sanak saudara. Ia juga bersyukur masih diberi kesehatan sehingga bisa berkumpul kembali dengan keluarga.

"Sekarang rasa sedih itu terobati setelah Sunenti pulang ke Indonesia," ujar dia.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut