get app
inews
Aa Read Next : Kisah Yati Surachman, Sempat Tetap Laksanakan Sholat Meski Sudah Pindah Agama

Kisah 2 Tokoh Nasional Pindah Agama, Salah Satunya Pahlawan Revolusi

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 13:21 WIB
header img
Ilustrasi agama.(Foto:Ist)

MENJADI muslim karena agama yang dianut orangtua Islam, bukan berarti ketika dewasa akan menjadi seorang muslim yang taat. Dua tokoh nasional ini menganut agama Islam sejak kecil, namun memutuskan untuk pindah keyakinan ketika dewasa. Keputusan tersebut dilatarbelakangi pernikahan dan tertarik dengan lagi gereja.

Mereka adalah Slamet Riyadi dan Sugiyono Mangunwiyoto. 

1. Slamet Riyadi


Slamet Riyadi.(Foto:Ist)

Brigjen TNI (Anm) Ignatius Slamet Riyadi merupakan pahlawan Indonesia yang lahir di Surakarta, 27 Juli 1927. 

Ketika dilahirkan, orangtuanya memberi nama Soekamto. Namun saat berusia 7 tahun, ibunya menjatuhkan Soekamto dan setelahnya ia sering sakit-sakitan. Akhirnya, orangtuanya mengganti nama Soekamto menjadi Slamet. 

Sementara itu, Riyadi (nama belakangnya) diberikan kepadanya saat duduk di bangku sekolah. Sebab, sudah banyak teman-temannya yang memiliki nama Slamet.

Usai lulus dari bangku sekolah menengah atas, Slamet memutuskan untuk melanjutkan sekolah ke akademi pelaut Jakarta pada tahun 1942. Ia pun bekerja sebagai navigator setelah menyelesaikan pendidikannya itu. 

Saat mendapat kabar kekalahan Jepang, Slamet langsung mendukung perlawanan dan ikut melakukan gencatan senjata di Surakarta. Ia juga mempertahankan kemerdekaan saat Belanda kembali berusaha menduduki tanah air, setelah kekalahan Jepang. 

Berbagai sumber menyebut, Slamet mengalami kejadian religi saat melakukan perlawanannya ini. Ia memutuskan pindah agama menjadi Katolik karena mendengar alunan lagu yang diputar di sebuah gereja. 

Slamet dibaptis pada 1949 di Solo, saat usianya menginjak 22 tahun. Dirinya juga mendapat nama baptis, yakni Ignatius. Slamet gugur pada 1950, saat perang di RMS atau Republik Maluku Selatan. Dirinya dianugerahi pangkat Brigadir Jenderal (Anumerta) TNI.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut