get app
inews
Aa Read Next : Wow! 13 Cara Alami Atasi Rambut Rontok, Tetap Tampil Percaya Diri

7 Cara Atasi Rambut Rontok, Salah Satunya dengan Pijat Kulit Kepala

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:19 WIB
header img
Cara mengatasi rambut rontok (Foto: aad.org)

JAKARTA, iNews.id - Rambut adalah mahkota bagi kaum wanita, oleh karenanya kerontokan rambut menjadi salah satu persoalan penting. 

Berikut 7 cara mengatasi rambut rontok yang bisa Anda coba : 

1. Mengonsumsi Makanan Ekstra Protein 

Cara mengatasi rambut rontok yang pertama melansir dari medicalnewstoday, dari sebuah studi pada tahun 2017 yang mengatakan bahwa beberapa penderita rambut rontok memiliki asupan protein dan asam amino yang rendah. Untuk itulah diperlukan konsumsi makanan berprotein, misalnya telur, daging ayam, dan sumber protein lainnya. 

2. Diet Mediterania 

Cara mengatasi rambut rontok berikutnya yaitu melakukan diet mediterania. Melansir dari heartline, sebuah studi tahun 2018 mengungkapkan bahwa diet yang mengandung sayuran mentah dan rempah segar seperti diet mediterania, dapat mengurangi atau memperlambat timbulnya risiko androgenic alopecia atau pola kebotakan wanita pria. 

Menurut heartline, hasil terbaik dilihat dari pengonsumsian makanan seperti peterseli, kemangi, atau salad hijau dengan jumlah tinggi dalam waktu lebih dari tiga hari seminggu. 

3. Konsumsi Multivitamin 

Cara mengatasi rambut rontok, salah satunya karena kekurangan vitamin yang menjadi faktor utama. Adapun beberapa vitamin dan mineral yang dapat membantu dalam masalah kerontokan rambut meliputi selenium, vitamin B, zinc, vitamin D, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin E. 

Bila ingin mengonsumsi suplemen multivitamin tertentu untuk mengatasi rambut rontok, penderita harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. 

4. Pijat Kulit Kepala 

Cara mengatasi rambut rontok lainnya adalah pijat kulit kepala. Pada sebuah penelitian kecil (menguji 9 pria) menemukan bahwa pijat kulit kepala selama 4 menit setiap hari dapat merangsang pertumbuhan rambut . Meskipun penemuan ini cukup menjanjikan, namun para peneliti perlu menguji kembali dengan sampel lebih besar untuk menentukan apakah benar pijat kulit kepala membawa manfaat untuk rambut rontok.  

5. Mengoleskan Minyak Kelapa 

Medicalnewstoday mencantumkan sebuah studi ytahun 2018 yang menyebutkan bahwa minyak kelapa dapat membantu mencegah kerontokan rambut karena kerusakan sinar ultraviolet maupun kebiataan menata rambut. 

Mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala dalam memperkuat rambut dan menghindari kerontokan akibat kerusakan rambut. 

6. Menjaga Perawatan Rambut dan Kulit Kepala Dengan Baik 

Cara mengatasi rambut rontok lainnya, dalam kategori pencegahan adalah dengan merawat rambut dan kulit kepala. Menjaga kulit kepala dan rambut agar tetap bersih juga dapat mencegah kerusakan serta kerontokan rambut . 

Gunakan sampo dan kondisioner tertentu yang dapat mencegah rambut rontok. Anda juga perlu menghindari perawatan yang dapat merusak rambut seperti pengeritingan, pewarnaan, dan lainnya. 

7. Mengoleskan Jus Bawang Bombay Pada Kulit Kepala 

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa dengan mengoleskan jus bawang bombay (onion) ke kulit kepala dapat membantu pertumbuhan rambut bagi pria dan wanita yang menderita patchy alopecia atau pola kerontokan rambut. 

Medicalnewstoday mengatakan sekitar 80% peserta penelitian yang menggunakan jus bawang bombay ini mendapat peningkatan setelah 6 minggu.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut