get app
inews
Aa Read Next : PPKM Darurat, Ojek Online Kebanjiran Order

Peneliti Temukan Unsur Berbahaya Untuk Kesehatan di Semburan Lumpur Cipanas

Sabtu, 05 Juni 2021 | 19:48 WIB
header img
Petugas mengambil sampel di semburan lumpur yang berada di Desa Cipanas Dukupuntang Cirebon (Foto : Dede Kurniawan)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Petugas dari Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), turun langsung ke lokasi semburan lumpur di Desa Cipanas Dukupuntang Kabupaten Cirebon, Sabtu (5/6/2021).

Dari hasil penelitian yang dilakukan pihak Kementerian ESDM diketahui semburan lumpur mengandung 3 unsur yakni CO2 (Karbon dioksida.red), H2S (Hidrogen sulfida.red) dan SO2 (Belerang dioksida.red).

"Kami melakukan screening dengan alat khusus pendeteksi gas dan mengambil sampel berupa air, lumpur dan gas dari dalam kubangan," ujar Zul Fadly salah satu petugas kepada awak media.

Dikatakan Zul, semburan lumpur mengandung 3 unsur yakni CO2, H2S dan SO2, ke 3 unsur ini bersifat membahayakan bagi kesehatan manusia khususnya untuk pernafasan dan mata.

"Diwaktu-waktu tertentu gas ini sangat kuat sehingga membuat sesak nafas serta mata perih, sehingga menimbulkan iritasi pada pernafasan dan mata jika terhirup," katanya.

Selain mendeteksi kandungan gas, alat yang dibawa petugas dari Kementerian ESDM ini juga membawa semple berupa air dan lumpur untuk diteliti lebih lanjut.


 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut