get app
inews
Aa Read Next : Kominfo Jalin Kerjasama Peningkatan Literasi Digital dengan PCNU Kabupaten Cirebon

Jadi Incaran, 14 Sekolah Kedinasan Ini Menjamin Langsung Kerja

Rabu, 13 Juli 2022 | 18:42 WIB
header img
Sekolah Kedinasan di Indonesia, Lulusannya Dijamin Langsung Kerja (Foto: Istimewa)

10. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran 

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan. STIP memberikan pembelajaran mengenai transportasi laut, seperti Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK).

11. Politeknik Transportasi Darat Indonesia 

Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) merupakan sekolah tinggi yang masih di bawah naungan Kementerian Perhubungan Indonesia. Sekolah kedinasan ini mengajarkan berbagai ilmu mengenai transportasi darat, seperti manajemen transportasi jalan, hingga manajemen transportasi perkeretaapian.

Program studi yang ada di PTDI meliputi D4 Transportasi Darat, D3 Manajemen Transportasi Jalan, dan D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian.

12. Politeknik Perkeretaapian Indonesia 

Masih di bawah Kementerian Perhubungan, Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) menawarkan empat program studi di bidang perkeretaapian, yakni D3 Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, D3 Teknologi Elektro Perkeretaapian, D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian, dan D3 Teknologi Mekanika Perkeretaapian. Lulusan dari PPI tidak hanya dapat bekerja di pemerintahan saja, tetapi juga dapat bekerja hingga tingkat internasional.

13. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan 

Sekolah kedinasan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) yang didirikan pada tahun 1971 ini berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan memiliki tiga program studi, yakni D4 Rekayasa Sistem Transportasi Jalan, D4 Teknologi Rekayasa Otomotif, dan D3 Teknologi Otomotif.

14. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan

Sekolah kedinasan di Indonesia yang terakhir ada Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP). Sekolah ini berada di bawah naungan Kementrian Perhubungan dan terdapat di tiga daerah di Indonesia, yakni Surabaya, Makassar, dan Medan.

Di Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan, mahasiswa dapat mempelajari tentang bandara navigasi udara, teknik perawatan pesawat, penanganan bagasi, serta teknis keselamatan dalam penerbangan.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut