get app
inews
Aa Read Next : Kominfo Jalin Kerjasama Peningkatan Literasi Digital dengan PCNU Kabupaten Cirebon

Jadi Incaran, 14 Sekolah Kedinasan Ini Menjamin Langsung Kerja

Rabu, 13 Juli 2022 | 18:42 WIB
header img
Sekolah Kedinasan di Indonesia, Lulusannya Dijamin Langsung Kerja (Foto: Istimewa)

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Sekolah kedinasan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) berpusat di Sumedang, Jawa Barat dan berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Melansir laman resmi IPDN, calon mahasiswa yang mendaftar di IPDN disebut sebagai calon praja.

Seperti sekolah kedinasan lainnya, seleksi masuk IPDN dikenakan biaya pada tahap SKD sebesar Rp50.000. Calon praja yang ingin masuk IPDN diharapkan memiliki keterampilan dan pengetahuan dasar yang mumpuni, serta kesehatan fisik yang prima.

Selain itu, calon praja juga perlu menyiapkan kesehatan psikologis untuk berkembang secara potensial, dan kejujuran diri yang tinggi, serta komunikasi yang efektif untuk kesiapan bekerja di seluruh wilayah Indonesia.

Sekolah kedinasan IPDN tersebar di sejumlah daerah, yakni Jakarta, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Papua, Kalimantan Barat, dan Riau.

3. Politeknik Keuangan Negara STAN 

Seperti namanya, Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Keuangan. Sekolah ini menyediakan program diploma di bidang keuangan, yakni D-III dan D-IV Akuntansi, D-III Perpajakan, D-III PBB/Penilai, DI-I Pajak, D-III Kepabeanan dan Cukai, D-I Kepabeanan dan Cukai, D-III Kepabeanan dan Cukai, D-I Kepabeanan dan Cukai.

Lulusan program D-IV dapat diangkat menjadi CPNS di Kementerian Keuangan, kementerian/lembaga lainnya, atau pemerintah daerah sesuai dengan formasi/kebutuhan yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.

Mahasiswa di STAN yang masuk lewat jalur reguler atau afirmasi lulusan SMA/Sederajat, tidak dipungut biaya apa pun, karena biaya pendidikan telah dibebankan pada APBN. Namun STAN tidak memberikan uang saku kepada mahasiswa. Selain itu, pada tahun 2021 nilai UTBK menjadi salah satu syarat administrasi pendaftaran STAN.

4. Sekolah Tinggi Sandi Negara 

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). STSN yang terletak di Ciseeng, Bogor, Jawa Barat ini hanya menerima dua program studi saja, yakni D-IV Manajemen Persandian dan D-IV Teknik Persandian

Pendidikan yang mesti ditempuh setiap mahasiswa yang bersekolah di sini adalah selama 4 tahun atau 8 semester, dengan semester 1 merupakan pembagian program studi. Kemudian untuk pengambilan peminatan dilaksanakan di semester 3.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut