Pelaksanaan Maulid Nabi, Pengunjung di Keraton Kacirbonan Menurun Drastis

Dede Kurniawan
.
Senin, 18 Oktober 2021 | 17:44 WIB
Masyarakat yang menginap di Kraton Kacerbonan saat ini jumlah nya menurun drastis, biasanya 3 hari sebelum pelaksanaan pelal agung, bangsal Prabayaksa Kraton Kacerbonan sudah dipenuhi oleh masyarakat (foto : Dede Kurniawan)

KOTA CIREBON, iNews.id - Jelang pelaksanaan puncak peringatan maulid Nabi Muhammad Saw di Kraton Kacerbonan atau yang bisa disebut dengan istilah pelal agung, saat ini masih sepi pengunjung. Biasanya 3 hari sebelum pelaksanaan pelal agung, masyarakat dari berbagai wilayah di Cirebon dan sekitarnya sudah mulai berdatangan bahkan ada juga yang sampai bermalam di bangsal Prabayaksa Kraton Kacerbonan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua unit Kepurbakalaan Kraton Kacerbonan, Elang Iyan Ariffudin, saat ditemui, Senin (18/10/2021). "Biasnya H -3 sebelum pelal sudah banyak yang datang, tidak hanya dari Cirebon saja, tapi dari Indramayu, Kuningan, Subang bahkan ada juga yang dari Sumatera," ujar Iyan.

Dikatakan Iyan, penurunan pengunjung jelang Pelal ini dimungkinkan karena masih diberlakukan nya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Pemerintah.

"Penurunan ini terjadi selama Pandemi saja, berarti sudah hampir 2 kali Muludan," ujarnya.

Tidak hanya itu, kemeriahan Muludan di Cirebon juga tidak terlalu tampak saat ini, di lanjutkan Iyan, ini terlihat dari para pedagang musiman yang bisanya sudah mulai ramai satu bulan sebelumnya sekarang terlihat sepi.

"Jl Pulasan kalau pas bulan Maulid pasti dipenuhi pedagang musiman, tapi sekarang kan sepi sekali," tandasnya.Iyan berharap pandemi ini bisa segera berakhir dan kegiatan adat dan tradisi sebagai ciri dari Cirebon sebagai kota Budaya bisa kembali normal Kembali.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini