Logo Network
Network

Laskar Macan Ali Siap Pasang Badan Untuk Luqman Zulkaedin

Dede Kurniawan
.
Sabtu, 16 Oktober 2021 | 22:42 WIB
Laskar Macan Ali Siap Pasang Badan Untuk Luqman Zulkaedin
Laskar Macan Ali Siap Pasang Badan Untuk Luqman Zulkaedin (Foto : Dede Kurniawan)

KOTA CIREBON, iNews.id - Laskar Macan Ali mengaku siap pasang badan bagi siapa saja yang menggangu Kesultanan Cirebon khususnya di Kraton Kasepuhan. Laskar Macan Ali sendiri meyakinkan kalau Sultan Sepuh ke XV Sultan PRA Lukman Zulkaedin adalah Sultan yang sah untuk memimpin Kraton Kasepuhan.

"Setelah dilakukan Pengkajian dari berbagai data kami tetap bersumpah akan menjaga adat dan tradisi dari leluhur, salah satunya adalah menjaga kepemimpinan Kelungguhan Kesultanan. Kami menilai pemimpin Kelungguhan di Kraton Kasepuhan adalah Sultan Sepuh XV," ujar Panglima tinggi Laskar Macan Ali, Prabu Dias, Sabtu (16/10/2021).

Dikatakan Diaz, Kraton Kasepuhan bukan milik satu dinasti tetapi milik keluarga besar Kasultanan Cirebon. Jadi tidak bisa dimiliki oleh satu kelompok apalagi memperebutkan atau merasa memiliki.

"Kraton adalah rumah dinas dari Sultan sebagai pemimpin Kelungguhan keluarga besar, dan berdasarkan adat yang ada, yang menjadi Sultan penerus adalah putra dari Sultan sebelumnya, dan kami meyakini Sultan ini adalah keturunan dari sultan-sultan terdahulu," katanya.

Laskar Macan Ali, menurut Diaz akan berkomitmen untuk menjaga adat dan tradisi yang ada serta menjaga peninggalan dari leluhur. Diaz juga menghimbau kepada semua pihak yang mengaku mempunyai hak untuk menempuh upaya hukum.

"Jangan sekali-kali menggangu keberadaan Kesulitan Kasepuhan, tanpa dasar yang kuat dan silahkan buktikan secara otentik," jelasnya.

Diaz mengaku sampai saat ini dirinya belum mengetahui data otentik yang diklem oleh pihak-pihak yang mengaku punya hak, untuk itu dirinya akan tetap memegang teguh adat tradisi kalau yang berhak memimpin Kraton Kasepuhan adalah putra dari Sultan sebelumnya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini