Logo Network
Network

Kereta Api dengan Rute Terjauh di Indonesia, Mana Favorit Anda?

Tangguh Yudha
.
Kamis, 23 Juni 2022 | 06:51 WIB
Kereta Api dengan Rute Terjauh di Indonesia, Mana Favorit Anda?
Kereta api dengan rute terjauh. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Tidak hanya bus, Indonesia juga punya moda kereta api (KA) yang memiliki rute sangat jauh. Menariknya, tiket kereta api di Indonesia relatif lebih murah dibandingkan moda angkutan lain.

Tercatat ada lima kereta api dengan jarak tempuh terpanjang di Indonesia. Kereta apa saja itu? Dilansir dari berbagai sumber, berikut deretannya.

1. KA Gaya Baru Malam Selatan

KA Gaya Baru Malam Selatan (GBMS) memiliki rute sepanjang 825 kilometer. Kereta ini melayani kelas Ekonomi Plus PSO dan eksekutif antara Stasiun Pasar Senen (Jakarta) dengan Stasiun Gubeng (Surabaya).

Dalam perjalanannya, setidaknya ada sekitar 25 stasiun yang disinggahi kereta yang ditarik Lokomotif CC201 ini. Saking jauhnya, KA Gaya Baru Malam Selatan memakan waktu perjalanan hingga 14 jam.

2. KA Matarmaja

KA Matarmaja melayani rute Stasiun Kota Baru Malang-Pasar Senen Jakarta sejauh 881 km. Untuk menuntaskan perjalanannya, kereta kelas Ekonomi AC ini membutuhkan waktu 15-16 jam.

KA Matarmaja telah beroperasi sejak 1983. Sebelumnya, kereta ini hanya melayani rute yang lebih dekat. Hingga saat ini, KA Matarmaja masih beroperasi dengan menggunakan Lokomotif CC201 atau CC203.

3. KA Bima

Rute KA Bima ditempuh dari Stasiun Gambir (Jakarta) hingga Stasiun Kotabaru (Malang) dengan jarak 907 kilometer. Dalam perjalanannya menuju stasiun terakhir membutuhkan waktu sekitar 16 jam.

Jika naik KA Bima pada 1967-an dijamin akan betah, karena fasilitas yang ditawarkan terbilang lengkap layaknya hotel. Namun saat ini kereta melayani kelas eksekusif biasa.

4. KA Gajayana

Gajayana merupakan kereta api kelas eksekutif yang melayani rute terpanjang dari Stasiun Kota Baru Malang-Stasiun Gambir Jakarta sejauh 907 km. Jarak itu ditempuh dalam waktu 15-16 jam. Kereta eksekutif ini disebut sebagai salah satu kereta api termewah.
Tersedia fasilitas AC, TV, Toilet, kursi yang bisa dipersonalisasi posisinya, lempu baca, meja lipat, hingga headset.

5. KA Krakatau

KA Krakatau menjadi kereta api dengan rute terjauh. Tak tanggung-tanggung jaraknya mencapai 945 km, dimulai dari Stasiun Blitar berakhir di Stasiun Merak.

Kereta dengan 11 rangkaian gerbong ini melewati semua provinsi yang ada di Pulau Jawa, yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur melalui jalur selatan.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.