Lonjakan Pemudik Ramadan, KAI Daop 3 Cirebon Catat 11.471 Penumpang

Riant Subekti
Lonjakan Pemudik Ramadan, KAI Daop 3 Cirebon Catat 11.471 Penumpang. Foto : Riant Subekti

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id -Menjelang Ramadan, tradisi pulang kampung kembali meningkat seiring dengan keinginan masyarakat untuk menjalani ibadah puasa pertama bersama keluarga di kampung halaman. Salah satu moda transportasi yang banyak diminati adalah kereta api, terbukti dengan lonjakan permintaan tiket.

 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon mencatat bahwa dalam periode 28 Februari hingga 3 Maret 2025, sebanyak 11.471 pelanggan menggunakan layanan kereta api. Rinciannya, pada 28 Februari terdapat 4.976 penumpang, 1 Maret sebanyak 1.807 penumpang, 2 Maret mencapai 3.108 penumpang, dan 3 Maret sebanyak 1.580 penumpang. Angka ini diperkirakan terus bertambah karena penjualan tiket masih berlangsung.

 

“KAI terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan memastikan kesiapan operasional, peningkatan fasilitas, serta penerapan berbagai inovasi guna meningkatkan kenyamanan perjalanan,” ujar Manager Humas Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin, Sabtu (1/3). 

 

Untuk mengakomodasi lonjakan penumpang, KAI telah mengambil sejumlah langkah strategis, seperti optimalisasi jumlah perjalanan kereta, peningkatan layanan digital, serta penerapan program keberlanjutan guna menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

 

Sebagai bagian dari komitmen terhadap keberlanjutan, KAI Daop 3 Cirebon menyediakan water station di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan. Fasilitas ini memungkinkan pelanggan mengisi ulang air minum secara gratis, guna mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai serta mendukung gaya hidup ramah lingkungan.

 

Khusus di bulan Ramadan, KAI juga akan membagikan takjil gratis bagi pelanggan yang berbuka puasa di stasiun. Program ini akan tersedia di 21 stasiun besar, termasuk Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan yang menjalankan ibadah puasa.

 

Selain itu, KAI turut mendorong kesadaran lingkungan melalui fitur Carbon Footprint di aplikasi Access by KAI. Fitur ini memungkinkan pelanggan mengetahui jumlah emisi karbon yang berhasil dihemat dengan memilih kereta api dibandingkan moda transportasi lain.

 

Pelanggan yang berencana melakukan perjalanan selama Ramadan diimbau untuk merencanakan perjalanan lebih awal dan memanfaatkan sistem pemesanan tiket yang tersedia hingga 45 hari sebelum keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, serta berbagai mitra resmi penjualan tiket.

 

“Kami terus mengimbau pelanggan untuk memanfaatkan berbagai fitur layanan digital yang telah disediakan, termasuk pemesanan tiket secara online serta layanan check-in dengan sistem face recognition. Dengan berbagai inovasi ini, kami berharap pengalaman perjalanan pelanggan semakin nyaman, praktis, dan efisien,” tambah Muhibbuddin.

 

Dengan berbagai peningkatan layanan dan komitmen terhadap keberlanjutan, KAI berharap dapat memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi pelanggan selama periode Ramadan.

 

 

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network