Peringatan Hari Pramuka ke-63 di Kota Cirebon: Wujudkan Generasi Berkarakter dan Berjiwa Pancasila

Riant Subekti
Pj Wali Kota Cirebon, Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si, yang bertindak sebagai pembina upacara, menekankan peran penting Gerakan Pramuka dalam pembentukan karakter generasi muda. Foto : Istimewa

KOTA CIREBON, iNews.id– Peringatan Hari Pramuka ke-63 di Kota Cirebon digelar di halaman salah satu Mall, pada Senin (26/8/2024).

Pj Wali Kota Cirebon, Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si, yang bertindak sebagai pembina upacara, menekankan peran penting Gerakan Pramuka dalam pembentukan karakter generasi muda.

Dalam amanatnya, Pj Wali Kota menyatakan bahwa Gerakan Pramuka tidak hanya mengajarkan disiplin dan tanggung jawab, tetapi juga membekali generasi muda dengan keterampilan yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari dan masa depan. Pemerintah Kota Cirebon, ujarnya, akan terus mendukung Gerakan Pramuka dengan menjadikannya kegiatan ekstrakurikuler wajib di setiap sekolah.

“Pramuka telah terbukti mampu membentuk generasi muda yang berkualitas dan berkarakter, sesuai dengan semangat Dasa Dharma Pramuka,” kata Agus Mulyadi.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Wali Kota juga membacakan sambutan dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso. Dengan tema "Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI," Budi Waseso menyoroti berbagai inovasi dan adaptasi yang dilakukan Gerakan Pramuka, termasuk pemanfaatan teknologi serta kontribusi dalam ketahanan pangan melalui kerja sama dengan Food and Agriculture Organization (FAO).

Budi Waseso menambahkan bahwa Gerakan Pramuka juga berfokus pada pengembangan kepemimpinan, program kewirausahaan, dan transformasi kurikulum untuk menjawab tantangan zaman.

“Ini adalah bagian dari kontribusi Gerakan Pramuka dalam menyongsong Indonesia Emas 2045,” jelasnya.

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis, S.H., menegaskan pentingnya semangat pantang menyerah dan pengabdian di kalangan anggota Pramuka. “Sebagai Pramuka, kita harus selalu siap mengabdi dan membantu sesama, khususnya di Kota Cirebon,” tuturnya.

Gerakan Pramuka di Kota Cirebon bertekad untuk terus berkontribusi dalam membentuk generasi muda yang siap menjadi pilar kekuatan bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network