Mengejutkan! Joe Biden Mundur dari Pilpres AS, Fokus Jalankan Tugas sebagai Presiden Disisa Jabatan

Anton Suhartono
Joe Biden mundur dari Pilpres AS, pilih fokus jadi Presiden AS disisa masa jabatan. Foto: AP

WASHINGTON, iNewsCirebon.id - Joe Biden mengumumkan pengunduran dirinya dari pencalonan dalam Pilpres AS 2024 pada Minggu (21/7/2024). Pengumuman yang mengejutkan ini disampaikan melalui media sosial X setelah desakan kuat dari dalam Partai Demokrat.

Biden juga menyatakan dukungannya kepada Wakil Presiden AS Kamala Harris untuk menggantikannya sebagai calon presiden dari Partai Demokrat, yang akan berhadapan dengan Donald Trump dalam pilpres yang akan digelar pada 5 November mendatang.

Dalam postingannya, Biden menegaskan akan tetap fokus menjalankan tugasnya sebagai presiden hingga Januari 2025.

"Walaupun saya berniat untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin ini adalah yang terbaik untuk partai dan negara jika saya mundur dan fokus pada menjalankan tugas sebagai presiden selama sisa masa jabatan saya," kata pria berusia 81 tahun tersebut, seperti dilaporkan Reuters pada Senin (22/7/2024).

Harris akan menjadi perempuan kulit hitam pertama yang menduduki posisi teratas di Partai Demokrat dalam sejarah AS.

Ketua Komite Nasional Partai Demokrat, Jaime Harrison, mengatakan bahwa rakyat Amerika akan menunggu keputusan Partai Demokrat mengenai langkah selanjutnya setelah pengunduran diri Biden. Partai akan menentukan pasangan Harris untuk pilpres mendatang. Ini adalah pertama kalinya dalam lebih dari 50 tahun seorang presiden petahana AS mengundurkan diri dari pencalonannya.

Pencalonan Biden terancam sejak debat pilpres pertama pada 27 Juni melawan Trump, di mana Biden tampak kesulitan dalam menjawab atau menjelaskan ide-idenya. Penampilan tersebut menimbulkan kekhawatiran mengenai kemampuannya untuk melanjutkan masa jabatan kedua sebagai presiden.

Sejak saat itu, muncul seruan agar Biden mundur dari Pilpres AS 2024, bahkan dari dalam partai. Hingga pekan lalu, 36 anggota Kongres Partai Demokrat secara terbuka meminta Biden untuk mundur.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network