Warga Kota Cirebon Turun Kejalan Tolak Kenaikan PBB, PJ Walikota Diminta Cabut SK

Riant Subekti
Ratusan Warga Kota Cirebon menggelar aksi demonstrasi menolak kenaikan PBB. Foto : Riant Subekti

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id -Protes terkait kenaikan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dianggap tidak wajar, Ratusan masyarakat Kota Cirebon turun kejalan menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPRD Kota Cirebon, Kamis (6/6/2024). 

Dengan membentangkan beberapa spanduk penolakan kenaikan PBB yang dianggap ugal ugalan para peserta aksi menuntut agar kebijakan kenaikan PBB segera dicabut oleh Pemerintah Kota Cirebon. 

Koordinator aksi, Hetta Mahendrati Latumeten, menyatakan bahwa ini adalah aksi kedua mereka setelah sebelumnya melakukan protes pada 7 Mei lalu.

“Pemkot terkesan abai terhadap persoalan ini. Kami ingin Pemkot Cirebon mencabut SK Pj Wali Kota tentang kenaikan PBB,” ujarnya didepan sejumlah media. 

“Kami minta kenaikan itu dibatalkan, bukan sekadar diberi diskon,” tegasnya.

Sementara itu Soenoto, tokoh masyarakat yang turut serta dalam unjuk rasa, menegaskan bahwa masyarakat menolak keputusan Pj Wali Kota Cirebon tentang kenaikan PBB tahun 2024.

“Kami meminta DPRD dan Pemkot Cirebon untuk mencabut keputusan tersebut serta membatalkan segala upaya pemberian insentif atau diskon yang hanya menjadi solusi sementara,” ungkapnya.

Sunoto juga meminta agar keputusan baru tentang PBB dan BPHTB disusun melalui diskusi dengan warga dan wakil rakyat di DPRD.

“Kebijakan strategis seperti ini tidak boleh menyengsarakan masyarakat, terutama karena statusnya hanya Pj Wali Kota, bukan dipilih oleh warga,” tambahnya.

Masyarakat Kota Cirebon mengancam akan menunda pembayaran PBB hingga keputusan tersebut dicabut dan digantikan dengan kebijakan yang lebih pro masyarakat.

“Kami akan menunda pembayaran PBB hingga keputusan ini dicabut dan diganti dengan yang lebih berpihak pada warga Kota Cirebon,” tegas Sunoto.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah, Mastara, menjelaskan bahwa Pj Wali Kota Cirebon, H Agus Mulyadi, sedang berada di Balikpapan untuk mengikuti kegiatan Apeksi.

“Kami paham tentang penolakan ini, namun keputusan ada di tangan Pak Pj Wali Kota yang saat ini berada di Balikpapan,” pungkasnya. 

 

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network