Pilkada 2024 Kota Cirebon Tren Pemimpin Muda Bermunculan Siap Ikuti Kontestasi Pilwalkot

Riant Subekti
Dua tokoh muda Cirebon, Dani Mardani dan Suhendrik siap maju di Pilwakot Cirebon 2024. Foto : Istimewa

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id - Di era modern saat ini, tren kepemimpinan dunia tengah mengalami pergeseran yang signifikan. Pemimpin muda dengan visi progresif dan energi baru mulai menduduki posisi kunci di berbagai negara. Nama-nama seperti Jacinda Ardern di Selandia Baru, yang menjabat sebagai Perdana Menteri pada usia 37 tahun, dan Sanna Marin di Finlandia, yang menjadi Perdana Menteri pada usia 34 tahun, telah menunjukkan bagaimana generasi baru pemimpin dapat memberikan perubahan positif bagi negara mereka.

Begitu juga di Kota Cirebon mulai ada pergeseran trend politik kepemimpinan kota Cirebon dari generasi baru dari generasi muda. Saat ini mulai bermunculan seperti nama nama Suhendrik yang dalam dua pekan ini menjadi perbincangan publik Kota Cirebon. selain Suhendrik, muncul juga calon pemimpin muda Dani Mardani yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN).

Munculnya fenomena pemimpin muda ini mengundang perhatian dari analis politik.

Analis Politik INSTRAT, Henry Baskoro menilai, fenomena kemunculan generasi muda tampil sebagai pemimpin baru didunia, termasuk di Kota Cirebon ini memberikan inspirasi bagi generasi muda di Indonesia, khususnya di Cirebon yang akan menggelar Pilkada serentak pada tahun 2024.

Kota Cirebon, kata Henry, memiliki sejarah panjang dan warisan budaya yang kaya, namun menghadapi tantangan baru di era globalisasi dan digitalisasi. Jumlah Penduduk Kota Cirebon mencapai sekitar 339.000 jiwa, dengan lebih dari 50% penduduk berada dalam kategori usia produktif (15-64 tahun). Hal ini menandakan adanya potensi besar bagi munculnya calon pemimpin muda di kota ini.

"Generasi muda Cirebon dapat mengambil contoh dari tren dunia dan memanfaatkan kesempatan ini untuk membawa ide-ide segar ke dalam pemerintahan kota Cirebon," ujar Henry. Menurut Henry, Calon kepala daerah muda dapat menawarkan solusi kreatif untuk masalah perkotaan yang kompleks, seperti kemacetan, keamanan, dan tata kelola pemerintahan yang efisien.

Selain itu, calon kepala daerah muda juga dapat lebih dekat dengan aspirasi masyarakat, terutama pemilih muda yang kini menjadi kekuatan besar dalam menentukan arah politik daerah. Pihaknya membeberkan, Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), jumlah pemilih muda (17-30 tahun) di Cirebon diperkirakan mencapai sekitar 30% dari total pemilih pada pemilihan sebelumnya.

Editor : Miftahudin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network