8 Fakta Unik Kota Cirebon, Salah Satunya Punya Tarian Mistis 

Wafa Amatullah/Mg6
8 fakta unik Kota Cirebon, salah satunya punya tarian mistis. Foto: Ist 

Populer dengan Semboyan Gemah Ripah Loh Jinawi

Gemah ripah artinya negara jembar serta banyak rakyatnya, sedangkan loh jinawi artinya subur makmur. Sehingga arti dari semboyan gemah ripah loh jinawi adalah perjuangan masyarakat sebagai bagian bangsa Indonesia bercita-cita menciptakan ketentraman atau perdamaian, kesuburan, keadilan, kemakmuran, tata raharja serta mulia abad.

Empal Gentong sebagai Kuliner Populer

Dari sekian banyak kuliner khas Cirebon, empal gentong adalah kuliner yang paling terkenal dan banyak diburu oleh wisatawan. Empal gentong sendiri merupakan sajian khas yang menyerupai gulai dengan isian daging atau jeroan sapi dan kaya akan rempah-rempah. 

Punya Tarian Khas yang Terkenal Mistis 

Fakta unik kota Cirebon selanjutnya adalah tariannya yang terkenal mistis. Tarian ini unik karena menyelipkan unsur mistis lewat pelaksanaan ritual memanggil roh atau arwah. Tarian ini mengisahkan Sulandono sebagai putra Ki Bahurekso bupati Kendal yang pertama dengan Dewi Rantamsari atau dijuluki Dewi Lanjar. 

Masjid Sang Cipta Rasa

Masjid ini dinamakan Sang Cipta Rasa yang berasal dari rasa dan kepercayaan. Penduduk Cirebon pada masa itu juga menamainya Masjid Pakungwati karena terletak dalam komplek Keraton Pakungwati. Sekarang, masjid ini terletak di depan Keraton Kasepuhan.

Masjid Sang Cipta Rasa memiliki makna bangunan yang agung yang sengaja dibangun untuk digunakan untuk beribadah. Hal ini tercermin dalam tiga kata yang mewakili nama masjid, yaitu Sang yang berarti keagungan, Cipta yang bermakna dibangun, dan Rasa yang berarti digunakan.

Demikianlah beberapa fakta unik kota Cirebon. Semoga  menambah wawasan kamu ya. 

Editor : Sazili Mustofa

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network