4 Mobil Pada Film Catatan Si Boy, Jadi Incaran Kolektor

Riant Subekti
4 Mobil di Film Catatan Si Boy jadi Incaran Kolektor. Foto : Istimewa

JAKARTA, iNewsCirebon.id -Pada era 1980an film Catatan Si Boy merupakan film paling populer di Indonesia. 

Catatan Si Boy merupakan film drama roman Indonesia yang dirilis perdana pada 1987 disutradarai Nasri Cheppy.

Film Catatan Si Boy jadi idola kaum hawa, menghasilkan lima sekuel, pada 1988, 1989, 1990, 1991, dan 2011. Ini tidak lepas dari kepopuleran Onky Alexander. 

Pada sejumlah sekuel film 'Catatan Si Boy' terdapat beberapa mobil yang cukup ikonik dan sangat kece di zamannya. Bahkan, saat ini sejumlah mobil di Film Catatan Si Boy banyak diburu kolektor.

Apa sajakah itu? Berikut deretan mobil menarik di film Catatan Si Boy yang kini jadi buruan kolektor:

1.Ferrari Testarossa

Mobil Ferrari Testarossa 1985 memiliki desain modern dari sisi eksterior maupun interior. Pada bagian lampu depan dan lampu day time sudah LED. Sementara itu, pada bagian jok mobil, aura sporty begitu terasa. 

Mesin dengan kode F 113 A 000 tersebut, mempunyai sistem sirkulasi oli kering yang ditempatkan pada unit sama dengan transmisi 5-percepatan manual. Mesin tersebut dilengkapi Marelli Microplex MED 120 B electronic ignition system, serta Bosch KE-Jetronic fuel injection, dengan rasio kompresi 9.3 : 1.

Untuk tenaga mesin tersebut cukup kencang pada masanya. Untuk versi Eropa dapat menyemburkan tenaga hingga 390 dk pada putaran mesin 6.300 rpm dan torsi 490 Nm pada putaran mesin 4500 rpm. Untuk 0-100 km/jam bisa mencapai waktu 5,8 detik sebelum mencapai 290 kpj. Saat ini populasi tersebut di Indonesia terbilang sangat langka.

2.BMW E30

Untuk para pencinta otomotif era 1990-an, sudah tidak asing lagi dengan mobil BMW E30. Mobil tersebut kerap digunakan si Boy dalam film tersebut. 

BMW yang digunakan Si Boy merupakan BMW 318i dengan mesin Hartge 325i berkapasitas 2.500 cc. Mobil tersebut datang ke Tanah Air dengan bodykit M Tech 1 dan menggunakan velg compotive ring 15.

BMW E30 diciptakan dengan konsep the ultimate driving machine atau mesin yang hebat untuk dikendarai. Sebab itu, mobil yang didesain Claus Luthe pada 1978 itu, sangat menyenangkan dikendarai.

Saat ini, harga BMW E30 bekas sekitar Rp70 juta hingga Lebih dari Rp200 juta tergantung kondisi fisik dan mesin. Apabila mobil masih mulus, full original dari sisi interior dan eksterior serta kilometer rendah, bisa jadi harganya lebih tinggi.

4.Civic Wonder SB3

Mobil Honda Civic Wonder SB3 saat ini masih cukup banyak dicari para pencinta otomotif. Terlebih bagi para pehobi dengan mobil-mobil klasik untuk bernostalgia.

Honda Civic Wonder di Indonesia dibekali mesin 4 silinder SOHC 12 katup 1.300 cc. Mobil ini masih menggunakan sistem karburator. Adapun kelemahan karburator yakni sering melengkung akibat usia pakai atau panas mesin.

Civic Wonder merupakan mobil yang cukup populer di era 1980-an tersebut memiliki handling dan suspensi mumpuni, sehingga nyaman untuk dikendarai. Pada zamannya, Civic Wonder merupakan saingan utama Suzuki Forsa, Daihatsu Charade, hingga Toyota Starlet kotak. 

Saat ini, populasi Civic Wonder sudah terbilang langka, harganya berkisar antara Rp20 juta sampai Rp50 jutaan tergantung kondisi fisik dan mesin.

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network