Berbekal Bahan Bekas Warga Cirebon Ciptakan Teleskop

Dede Kurniawan
Teleskop karya warga Cirebon diapresiasi Dedi Mulyadi (Foto : Istimewa)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id -  Seorang pemuda (36) asal Desa Cirebon Girang, Kabupaten Cirebon memiliki kegemaran mengamati tata surya. 

Diketahui pemuda tersebut bernama Sunardi, terus menekuni bidang astronomi sejak lama dan hingga kini masih melajang, saking tekunnya melakukan penelitian. Setiap malam dia bercengkrama dengan bulan, bintang bahkan planet di tata surya. 

Dari hobinya lahir sebuah karya terbaik yakni sebuah teleskop sederhana yang terbuat dari barang bekas yang dikumpulkan bertahap.

" Teropong tersebut saya buat karena keinginan terus mengamati tata surya maka saya perlahan buat dari bahan paralon dan lensa dari bekas mesin foto copy " katanya.

Karya Sunardi tersebut diapresiasi oleh Mantan Bupati Purwakarta yang sekarang menjadi anggota DPR RI dari fraksi Partai Golkar, Dedi Mulyadi melalui status media sosialnya yang diunggah pada Jumat (4/6/2021).

“Sunardi adalah warga Desa Cirebon Girang, Kabupaten Cirebon. Kini dia berusia 36 tahun. Dia memiliki kegemaran berastronomi ria. Hobinya itu telah melahirkan karya terbaik yakni sebuah teleskop sederhana,” tulis Dedi.

Dedi juga berharap apa yang dilakukan Sunadi bisa menginspirasi generasi muda Indonesia pada umumnya.

"Semoga ini mampu menjadi inspirasi bagi anak-anak kita yang sering membicarakan langit, akan tetapi tidak pernah melihat langit," tutupnya.

 

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network