Logo Network
Network

Ganjil-Genap Diberlakukan, Mobilitas Kendaraan di Kota Cirebon Berkurang

Arifin
.
Senin, 16 Agustus 2021 | 20:39 WIB

KOTA CIREBON, iNews.id - Pemberlakuan sistem kendaraan berplat ganjil genap mulai diberlakukan di 8 titik wilayah di Kota Cirebon mulai diterapkan, Senin (16/8/2021). Pantauan dilapangan di hari pertama ini, sejak pukul 07:00 WIB petugas gabungan TNI/Polri, Dishub dan Satpol PP mulai berjaga seperti yang terlihat di kawasan Kedawung.

Kendaraan roda empat dan roda dua dengan nomor plat genap (angka terakhir seperti  0, 2, 4, 6, 8) bisa langsung masuk. Sedangkan kendaraan dengan nomor ganjil dialihkan petugas. Para pengendara yang melintasi kedawung menuju arah kota masih terlihat kebingungan. Namun, dengan sabar petugas mengarahkan pengendara.

Sementara itu pantauan di perempatan Gunungsari dan kawasan Krucuk, pengendara juga terlihat kebingungan bahkan ada pula pengendara yang ngeyel.  Setelah diberikan penjelasan oleh petugas gabungan, pengendara tersebut bisa memahami.

Salah seorang pengendara asal Plumbon, Hamdalah, karyawan swasta yang setiap hari bekerja di kota masih mengaku kebingungan dengan sistem ganjil genap. "Jujur mas, saya masih bingung ganjil genap ini, niatnya kan kalau lewat jalan ini bisa cepet sampai ke kantor, ya dengan pemberlakuan ini terpaksa muter arah", ungkapnya kepada wartawan.

Hingga berita ini diturunkan, para pengendara masih coba memahami sistem ganjil genap yang mulai diberlakukan hari ini dari pukul 07:00 hingga 17:00 WIB. 

Pengecualian kendaraan juga diberlakukan bagi kendaraan disabilitas, ojek online, mobil damkar, ambulans, angkot serta angkutan umum plat kuning, truk pengangkut BBM/BBG, kendaraan pengisian uang di ATM, kendaraan angkutan uang Bank Indonesia dan kewenangan sesuai diskresi kepolisian

Sementara itu Kapolres Crebon Kota, AKBP Imron Ermawan yang meninjau langsung sistem ganjil genap mengatakan, hasil pemantauan sejauh ini berjalan landai dan normal. "Alhamdulillah hari ini merupakan hari pertama penerapan lalu lintas ganjil genap, kebetulan hari ini kita melaksanakan angka genap. 

Pada umumnya hasil pemantauan berjalan normal, ini berarti sosialisasi yang kami lakukan bersama Pemda dalam kurun waktu kurang dari seminggu ini sudah mulai bisa dipahami masyarakat, hal ini terbukti kendaraan menurun khususnya angka ganjil",ujar Kapolres Cirebon Kota.

AKBP Imron Ermawan juga mengatakan, akan melakukan evaluasi tentang pelaksanaan ganjil genap hari ini. "Penambahan rambu akan dilakukan, kebetulan Kasat Lantas Polres Cirebon Kota dan Kadishub Kota Cirebon sudah menambah rambu-rambu yang diperlukan," pungkasnya.

8 ruas jalan yang diberlakukan penerapan antra lain Jl Tuparev, Jl RA Kartini, Jl Siliwangi, Jl Karanggetas, Jl Pekiringan, Jl dr Cipto Mangunkusumo, Jl Pemuda, Jl Pasuketan.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.