get app
inews
Aa Read Next : Terbukti Ampuh, Berikut 4 Rempah Dipercaya Penangkal Diabetes dan Penurun Darah Tinggi

Manfaat Air Kelapa untuk Penderita Diabetes

Selasa, 14 Juni 2022 | 06:53 WIB
header img
Air kelapa memiliki banyak manfaat. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id Air kelapa menjadi salah satu minuman alami yang sangat baik untuk dikonsumsi, terlebih untuk kesehatan tubuh. Tak hanya air kelapa muda, air kelapa tua juga jauh lebih baik bagi kesehatan.

"Lebih baik dari minuman isotonik mana pun, itu air kelapa tua," ujar dr. Zaidul Akbar dikutip dari channel YouTube dr. Zaidul Akbar Official pada Senin (15/11/2021).

Selain manis dan menghidrasi secara alami, air kelapa sarat dengan beberapa nutrisi penting, termasuk mineral yang banyak orang tidak mendapatkan cukup.

Kemudian terdapat beberapa manfaat air kelapa lainnya, seperti dikutip dari laman Health Line, berikut empat manfaat air kelapa:

1. Sumber Nutrisi

Kelapa tumbuh di iklim tropis di pohon yang secara ilmiah dikenal sebagai Cocos nucifera dan secara botani dianggap sebagai buah. Semakin tua kelapa, ternyata jauh lebih baik pula.

Air kelapa mengandung 94 persen air, dan sangat sedikit lemak. Namun cairan di dalamnya ini tidak mengandung santan, di mana menjadi salah satu sumber kolesterol yang dapat mengendap di dalam tubuh.  

2. Sumber Antioksidan

Ketika terlalu banyak terkena radikal bebas, maka akan berpengaruh besar terhadap tubuh Anda. Misalnya, stres oksidatif yang dapat merusak sel-sel Anda dan meningkatkan risiko penyakit.

Penelitian pada hewan telah menunjukkan, bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang dapat membantu mengubah radikal bebas sehingga tidak lagi membahayakan.

3. Menurunkan Gula Darah

Penelitian telah menunjukkan, bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan penanda kesehatan lainnya.

Di dalam air kelapa juga terdapat sumber magnesium yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin, serta penurunan kadar gula kepada seseorang yang menderita diabetes tipe 2.

4. Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lain bergabung membentuk kristal dalam urin Anda. Kristal-kristal ini kemudian, dapat membentuk batu-batu kecil. Sementara beberapa orang lebih rentan daripada yang lain, batu ginjal mempengaruhi sekitar 12 persen dari populasi dunia.

Dalam sebuah penelitian, air kelapa mencegah kristal yang menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Hal ini juga mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut