get app
inews
Aa Read Next : Ingin Tampil Cantik dan Percaya Diri, D.A.N Aesthetic Solusinya

Selain Untuk Perhiasan Emas 24 Karat Bisa Digunakan Sebagai Obat, Simak Penjelasannya Disini

Selasa, 20 September 2022 | 09:49 WIB
header img
Emas 24 Karat Pada Jaman Dulu Digunakan Sebagai Obat, Simak Penjelasannya ( Foto : Istimewa)

iNewsCirebon.id - Tidak hanya digunakan sebagai perhiasan, ternyata emas 24 karat pada jaman dahulu juga bisa digunakan sebagai obat, kok bisa? 

Mengutip dari Healthline, Selasa (20/9/2022), selain dapat dijadikan perawatan wajah, emas mengandung sifat anti inflamasi dan anti penuaan. Facial emas adalah pengembangan dari konsep ini.

Namun jauh sebelum masehi, tepatnya 2500 SM, emas digunakan sebagai pengobatan tradisional oleh kerajaan Tionghoa, India dan Arab.

Misalnya, Swarna bhasma atau yang disebut juga "abu emas" digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk mengobati berbagai penyakit. Seperti, asma, artritis reumatoid, diabetes melitus, dan penyakit sistem saraf.

Saat ini bahkan ada obat oral yang mengandung emas, seperti auranofin. Obat ini digunakan sebagai obat lini kedua atau ketiga untuk mengurangi peradangan sendi pada orang dengan rheumatoid arthritis.

“Ini bukan praktik umum lagi, dan ini terkait dengan memicu ruam spesifik pada kulit,” kata Dr. Tsippora Shainhouse, FAAD, dokter kulit di SkinSafe Dermatology and Skin Care di Beverly Hills, California, dikutip dari sumber yang sama.

Meski begitu, perlu penelitian lebih lanjut dan dalam untuk mengetahui manfaat luas dari emas sebagai obat.

"Emas mungkin memiliki beberapa sifat antioksidan dan anti-inflamasi, tetapi tidak ada bukti bahwa itu lebih baik daripada bahan lain yang lebih umum digunakan yang memiliki lebih banyak data ilmiah," ungkap Shainhouse lebih lanjut.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut