get app
inews
Aa Read Next : Al-Bait Tour and Travel Cirebon Gelar Manasik Umroh

Pengayuh Becak asal Majalengka Viral karena Berangkat Haji usai 30 Tahun Menabung

Rabu, 08 Juni 2022 | 10:17 WIB
header img
Eme Karna Ardali, warga Blok Jatiraga, Desa dan Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat adalah contoh betapa keinginannya untuk berhaji tidak bisa dihentikan oleh kondisi ekonomi dan usia. (Foto: doc. iNews.id)

KABUPATEN MAJALENGKA, iNews.id - Haji menjadi ibadah yang diidam-idamkan oleh seluruh umat Islam di dunia. Biaya kerap menjadi kendala untuk bisa pergi ke Mekah. Apalagi, besaran biaya haji tahun ini kisaran Rp39 juta.

Kendati demikian, hasrat yang besar untuk menjalankan ibadah yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS itu, tidak jarang juga menjadi kekuatan tersendiri. Mencicil biaya haji dalam kurun waktu yang tidak sebentar, menjadi cara sebagian kaum muslim menyiasati kendala biaya.

Eme Karna Ardali, warga Blok Jatiraga, Desa dan Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat adalah contoh betapa keinginannya untuk berhaji tidak bisa dihentikan oleh kondisi ekonomi dan usia.

Dengan mengandalkan mengayuh becak dan buruh tani, Eme yang berusia 65 tahun itu berkesempatan menjalankan ibadah di Tanah suci tahun ini.

Tidak tanggung-tanggung. Eme, akan melafalkan 'Labbaik Allahumma Labbaik' bersama sang istri tercinta, Icih Salsih Surya. Pasutri pekerja serabutan itu, akan berangkat ke Tanah Suci pada 11 Juni, bersama rekan-rekannya di kloter 11.

Sebagai pasangan yang tidak memiliki penghasilan tetap, Eme harus menjalani proses sekitar 10 tahun. Pendapatan hasil mengayuh becak, ditambah dengan penghasilan istrinya sebagai buruh serabutan, nama Eme dan Icih mulai tercatat sebagai jemaah calon haji sejak 2012 lalu.

Mereka berani mendaftarkan diri, setelah uang tabungan yang dikumpulkan sejak 30 tahun lalu dianggap telah cukup untuk 'uang muka.' Dalam kurun waktu 30 tahun itu, dia Istiqomah menyimpan uang penghasilannya dengan angka yang berbeda.

"Mun hasil ngabecak meunang Rp60 ribu, nya kanggo resiko Rp20 ribu, nu Rp40 ribuan disimpen. (Kalau hasil ngebecak dapat Rp60 ribu, ya untuk kebutuhan sehari-hari Rp20 ribu, yang Rp40 ribu disimpan)," kata Eme.

"Kalau habis panen, hasil buburuh (jadi buruh), gabahnya dijual, buat nambah-nambah simpenan," ujar dia lagi.

Sama seperti sebelum-sebelumnya, dia juga selalu rutin menyetorkan uang cicilan biaya haji ke bank dari hasil usaha tak tetapnya itu.

"Kurang lebih 10 tahun, saya terus menabung ke Bank setiap hari. Tahun ini, alhamdulillah bisa berangkat berdua sama istri," kata Eme, Selasa (7/6/2022).

Eme sendiri sejatinya sudah bisa berangkat pada 2020 lalu. Sayang, harapannya untuk segera memenuhi rukun Islam itu tertunda.

Pandemi Covid 19, membuat Eme harus bersabar untuk segera berziarah ke Makkah. "Alhamdulillah atas izin Allah bisa berangkat tahun ini. Sekarang saya sama istri berangkat kloter 11 (pemberangkatan pertama dari Kabupaten Majalengka)," tuturnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut