get app
inews
Aa Read Next : Nekat! Puluhan Pelajar Terlibat Tawuran Dekat Markas Kodim Kota Cirebon

Keberanian Prajurit Paskhas Siap Ledakkan Granat ke Tentara Australia (3-Habis)

Jum'at, 03 Juni 2022 | 12:00 WIB
header img
Paskhas. (Foto: doc. iNews.id)

Penerjunan ini sekaligus ditetapkan menjadi hari jadi Komando Pasukan Gerak Tjepat (Kopasgat), cikal bakal Korpaskhasau.

Dalam perkembangannya, pasukan ini terus bertransformasi dan menempa diri secara organisasi dan kemampuan tempur sehingga menjadi salah satu pasukan elite yang disegani dan ditakuti di dunia.

Korpaskhasau merupakan salah satu kotama pembinaan TNI AU yang memiliki tugas membina kekuatan dan kemampuan satuan Paskhas sebagai pasukan matra udara untuk siap operasional dalam melaksanakan perebutan sasaran dan pertahanan objek strategis Angkatan Udara, pertahanan udara, operasi khusus dan khas matra udara dalam operasi militer atas kebijakan Panglima TNI.

Tugas pokok ini yang sedikit membedakan dengan pasukan elite dari matra lain. Dalam operasi tempur perebutan lanud, Paskhas lazimnya akan berada di garis depan.

Pada Jumat (19/2/2021), Paskhas juga pernah menembak mati anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua anak buah Lerrymayu Telenggen.

Anggota gerombolan separatis itu dilumpuhkan dalam serbuan tempur sekejap di Bandara Armaga Aminggaru Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Papua.

Korban tewas yakni Tera Wamang (27) warga Ilaga. Wamang, anggota KKB yang beroperasi di Beoga itu bersama gerombolannya merayap ke arah Pos Pengamatan Paskhas, diduga hendak menyerang.

Ketika itu di Bandara Aminggaru sedang dilakukan debarkasi personel Kotis Brimob Satgas Pamrahwan pengganti personel sebelumnya. Mengetahu upaya serbuan itu, Pasukan Baret Jingga melakukan tindakan cepat. Wamang tewas di lokasi.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut