get app
inews
Aa Read Next : Nekat! Puluhan Pelajar Terlibat Tawuran Dekat Markas Kodim Kota Cirebon

Kisah Prada Pardjo Prajurit Kopassus, Rela Menyamar Jadi Mayat Demi Bertahan Hidup

Selasa, 08 November 2022 | 17:26 WIB
header img
Kisah Prada Pardjo Prajurit Kopassus, Rela Menyamar Jadi Mayat Demi Bertahan Hidup (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Kisah heroik datang dari seorang prajurit TNI. Ia adalah Prada Pardjo prajurit Kopassus yang berani berkorban membela Indonesia ketika diperhadapkan antara hidup dan mati di medan pertempuran. Prada merupakan anggota Kopassus yang berjuang pada awal-awal perebutan Irian Barat (kini Papua) tahun 1961-1962.

Prada dengan kecerdikannya menyamar menjadi mayat selama lima hari di antara tumpukan jenazah rekan-rekannya yang gugur saat kontak tembak dengan tentara Belanda. Hal itu berawal ketika pasukan gabungan Kopassus bersama Pasukan Gerak Tjepat (PGT) dipimpin Letnan Dua (Letda) Inf Agus Hernoto diterjunkan ke dalam hutan rimba Papua.

Saat ditugaskan ke hutan belantara Papua untuk menyusup, pasukan ini disergap Korps Marinir Kerajaan Belanda di wilayah Fakfak, Papua Barat. Dengan kondisi jumlah yang sangat minim, pasukan gabungan ini pun terdesak. Pimpinan lalu menginstruksikan seluruh prajurit mundur ke dalam hutan.

Prajurit terkejut dan Letda Agus Hernoto melihat kondisi timnya mulai menurun sehingga memutuskan untuk beristirahat di sebuah kebun pala. Belum sempat melepas lelah, muncul serangan mendadak dari pasukan Marinir Belanda. Baku tembak terjadi dan Letda Agus tertembak di kedua kakinya.

Nahasnya, kedua kakinya harus diamputasi karena membusuk. Dalam kondisi hidup mati tersebut, Prada Pardjo menyamar menjadi mayat seolah-olah telah tewas demi menyelamatkan diri.

Saat Belanda melakukan patroli Pardjo tidak bisa bergerak. Dia harus tidur selama lima hari di antara jasad teman-temannya yang telah gugur. Meski demikian, upaya penyelamatan itu pun membuahkan hasil, Prada Pardjo akhirnya diselamatkan warga setempat yang membawanya ke permukiman untuk dirawat.

Editor : Windi Trikusumawati

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut