get app
inews
Aa Read Next : 5 Pemain Timnas Indonesia yang Paling Populer di Instagram, Nomor 5 Punya 2,9 Juta Followers

Shin Tae-yong Berharap Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh Berkarir di Luar Negeri

Selasa, 24 Mei 2022 | 09:07 WIB
header img
Marselino Ferdinan (Foto: doc iNews.id)

HANOI, iNews.id - Perhelatan SEA Games 2021 telah resmi usai digelar. Pelatih Shin Tae-yong menyarankan dua pemain Timnas Indonesia U-23 untuk segera meninggalkan Liga 1.

Sosok yang dimaksud adalah dua bintang masa depan Tanah Air yakni Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh. Shin Tae-yong berharap kedua pemain ini bisa berkarier di luar negeri.

Meski masih muda, Marselino dan Ronaldo dibawa Shin Tae-yong ke SEA Games 2021. Keduanya pun menjawab kepercayaan dengan penampilan apik.

Marselino mencetak dua gol selama SEA Games 2021 berlangsung. Padahal pemain Persebaya Surabaya itu berposisi sebagai gelandang.

Sementara Ronaldo menjadi aktor yang ikut terlibat membawa Garuda Muda meraih perunggu kala mencetak gol ke gawang Malaysia U-23, Minggu (22/5/2022).

Shin Tae-yong pun terkesan dengan potensi yang dimiliki keduanya. Pria berusia 52 tahun itu percaya bahwa Marselino dan Ronaldo akan menjadi bintang masa depan Timnas Indonesia. “Marselino dan Ronaldo tampil baik dan banyak berkontribusi untuk tim di SEA Games ke-31 ini, saya pikir mereka akan menjadi bintang masa depan sepak bola Indonesia,” kata Shin Tae-yong dikutip dari Zing News, Senin (23/5/2022).

Shin Tae-yong ingin Marselino dan Ronaldo menimba ilmu di luar negeri. Dirinya yakin mereka bisa bersaing di kompetisi yang levelnya lebih tinggi, seperti Liga Jepang atau Korea Selatan.

“Mereka akan berkembang dan mampu bersaing. Tidak hanya di Vietnam dan Indonesia, tetapi juga di Jepang dan Korea Selatan, atau dimana saja, asalkan mereka bersikap profesional,” tambahnya. “Masih banyak kompetisi bagi mereka untuk banyak tumbuh dan berkembang,” pungkasnya.

Di usia yang masih menginjak 17 tahun, Marselino dan Ronaldo sama-sama menjadi tulang punggung di klub masing-masing. Marselino tampil reguler bersama Persebaya Surabaya. Sedangkan Ronaldo mengemban peran vital di lini depan Madura United. Ronaldo sebenarnya sempat dirumorkan diminati klub Turki. Namun tidak ada kabar lebih lanjut mengenai rumor transfer tersebut. Sementara nama Marselino pernah dimasukkan ke daftar 40 pemain muda terbaik di dunia versi media Inggris, The Guardian.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut