get app
inews
Aa Read Next : Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kota Cirebon Tahun 2023

Waspadai PMK Pada Hewan Ternak, Kenali Cirinya Sebagai Berikut

Kamis, 12 Mei 2022 | 12:41 WIB
header img
Kabid Perikanan dan Peternakan DKPPP Kota Cirebon, Iin Inayati, Terkait penjelasan PMK hewan ternak. (Foto : Riant Subekti )

KOTA CIREBON, iNews.id - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kembali menjakiti hewan ternak, terutamanya sapi, di sejumlah wilayah di Indonesia.

Meskipun pemerintah setempat memastikan penyakit ini tidak menular kepada manusia. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Peternakan (DKPPP), melalalui Kabid Peternakan dan Perikanan,Iin Inayati, mengatakan masyarakat diminta waspada.

Masih dikatakan Iin, masyarakat hendaknya mengenali ciri awal hewan ternak sehingga tidak berujung sampai menimbulkan kematian ternak, yang menyebabkan kerugian para peternak.

Iin juga menjelaskan ciri ciri hewan ternak yang terkena penyakit mulut dan kuku (PMK), diantaranaya demam tinggi, muncul air liur berlebihan, serta ada luka lepuh dirongga mulut atau pada lidah.

" Ciri selanjutnya hewan ternak tidak mau makan, kukunya juga mengalami luka sehingga hewan sulit untu berdiri, gemetaran dan napasnya cepat," kata Iin Inayati pada iNewsCirebon.id, Kamis (12/5/2022).

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut