get app
inews
Aa Read Next : Lama Tidak Digelar, Keraton Kasepuhan Adakan Tradisi Bubur Suro

Tradisi Bubur Suro, Upaya Kenalkan Budaya Cirebon Sejak Dini

Jum'at, 10 September 2021 | 16:49 WIB
header img
Tradisi bubur suro digelar jatuh setiap tanggal 1 Muharam (foto: istimewa)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id — Kelompok pemuda di Desa Cirebon Girang, Kabupaten Cirebon yang tergabung dalam sanggar bagus daya, memperingati perayaan satu suro. 

Beberapa rangkaian kegiatan ini, seperti membagikan 700 bubur yang dibagikan ke rumah-rumah warga di Desa Cirebon Girang. 

Kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun, merupakan upaya melestarikan tradisi satu suro yang jatuh pada malam 1 Suro atau Tahun baru 1 Muharram 1443. Adapun tema yang diangkat yaitu bangkitnya seni dan budaya. Hal tersebut disampaikan Ketua Pelaksana, Ihrom Maulana. 

"acara satu suro adalah kegiatan tahunan oleh sanggar bagus daya, acara ini diundur karena Covid-19, tapi sebelumnya ada 700 bubur sudah dibagikan," ujarnya. 

Dalam acara puncak ini, berbagai pentas seni, tari-tarian dipertunjukkan. Hal tersebut bertujuan untuk mengembangkan minat para anak-anak pada budayanya. 

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon, Siska Karina, merasa bersyukur para pemuda memiliki kepedulian untuk melestarikan budaya. 

"Kita patut bersyukur, temen-temen disini (pemuda Desa Cirebon Girang) masih konsisten melestarikan budaya di wilayah masing-masing, kita harus memperkenalkan budaya Cirebon dari anak-anak usia muda, agar budaya kita tidak hilang," tukasnya. 

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut