get app
inews
Aa Read Next : Jabat Rektor Baru UGJ Cirebon, Prof. Ahmad Faqih : 70 Persen Dosen Mesti Bergelar Doctor

Patih Kanoman, Resmikan Sekertariat Kraton Kanoman di Astana Gunung Sembung

Minggu, 05 September 2021 | 15:48 WIB
header img
Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiran (Patih Kraton Kanoman meresmikan Sekertariat Kraton Kanoman di Astana Gunung Sembung (Foto : Dede Kurniawan)

KABUPATEN CIREBON, iNews - Patih Kraton Kanoman, Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiran meresmikan Sekertariat II Kraton Kanoman di Pasanggrahan Astana Gunung Sembung, yang berada di desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Minggu (5/9/2021).

"Sekertariat II ini adalah salah satu tempat untuk bisa menjaga marwah dan menata kembali khususnya di kompleks Astana ini," ujar Patih Qodiran.

Dikatakan Patih Qodiran, Sekertariat II ini juga sebagai kepanjangan tangan dari Sekertariat induk yang ada di Komplek Kraton Kanoman.

"Fungsi utama dari Sekertariat ini adalah untuk tempat urun rembuk untuk mencari titik temu khususnya terkait permasalahan adat dan tradisi," katanya.

Patih Qodiran juga berharap adanya Sekertariat ini bisa menjadi momentum untuk bisa mempersatukan seluruh keluarga Kasultanan yang ada di Cirebon.

"Sekertariat ini juga nantinya akan mengatur kegiatan adat seperti pergantian pengurus yang ada di Astana Gunung Sembung ini," tandasnya.

Selain itu ditambahkan Patih Qodiran, Sekertariat ini juga nantinya akan mengatur proses pemakaman dari keluarga Kraton yang akan di kubur di kompleks Astana Gunung Sembung ini.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut