get app
inews
Aa Read Next : Awasi WNA, Imigrasi Cirebon Gelar Ops Jagratara

Jalan Ki Bagus Rangin Cirebon Diresmikan Bupati Imron, Simak Sejarahnya

Selasa, 05 April 2022 | 13:53 WIB
header img
Bupati Cirebon meresmikanJalan baru yang menghubungkan Watubelah-Pejambon, Kecamatan Sumber (Foto: Ist)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Bupati Cirebon meresmikanJalan baru yang menghubungkan Watubelah-Pejambon, Kecamatan Sumber, bertepatan hari jadi ke-540 Kabupaten Cirebon.

Jalan sepanjang 740 meter tersebut diberi nama Jl. Ki Bagus Rangin

Bupati Imron, mengatakan, pemberian nama Ki Bagus Rangin untuk jalan tersebut berdasarkan masukan dari masyarakat termasuk sejarawan dan budayawan Cirebon,

Lalu siapakah sebenarnya Kibagus Rangin tersebut ?


Mengutip dari laman www.hostoryofcirebon.id ,  Beberapa catan Kolonial maupun beberapa babad yang ditulis semasa perjuangan Bagus Rangin menyebutkan bahwa Bagus Rangin adalah brandal yang berambisi menjadi raja. 

Catatan sejarah yang cenderung pro Belanda itu tidak sepenuhnya salah, sebab dalam pandangan kolonial, Rangin memang seorang brandal (Pengacau). 

Lagipula, dalam catatan lokal yang pro terhadap perjuangan Rangin, ditemukan fakta bahwa Rangin memang diproklamirkan sebagai Raja, adapun wilayah kekuasannya disebut sebagai Negara Panca Tengah.

Menurut Tendi (2018) sebagaimana yang ia tuliskan dalam Jurnal Pascasarjana Universitas Indonesia yang berjudul “Islam Dalam Perjuangan Bagus Rangin Melawan Pemerintah Kolonial Belanda-Prancis Dan Inggris, 1810- 1812” menyebutkan bahwa “Bagus Rangin menyatakan dirinya sebagai raja, di tengah-tengah pengikutnya, ia dinobatkan sebagai Raja dari Negara Panca Tengah”.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut