Setelah Viral Rombongan Rojali dan Rohana di Mal, Kini Muncul Rombongan Romusa, Ini Artinya?

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Belakangan ini, istilah-istilah seperti Rojali, Rohana, dan Romusa ramai diperbincangkan di media sosial.
Ketiganya merupakan istilah populer yang digunakan secara jenaka untuk menggambarkan kebiasaan sebagian masyarakat yang sering mengunjungi pusat perbelanjaan tanpa niat untuk berbelanja.
Istilah ini merujuk pada sekelompok orang yang datang ke mal dalam jumlah banyak, tetapi hanya berjalan-jalan, berfoto, atau nongkrong, tanpa berbelanja sedikit pun. Aktivitas mereka lebih ke bersantai atau sekadar “cuci mata”.
Digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang datang hanya untuk bertanya soal harga atau spesifikasi produk, namun tak pernah benar-benar membeli.
Mengacu pada kelompok pengunjung dengan ekspresi lesu, terlihat lelah atau sedang terbebani masalah. Mereka biasanya datang ke mal untuk mencari hiburan murah, menghindari panasnya cuaca, atau sekadar mencari suasana baru—bukan untuk berbelanja.
Fenomena ini dianggap sebagai cerminan kondisi sosial dan ekonomi saat ini. Dengan tantangan ekonomi yang dihadapi masyarakat, mal menjadi tempat pelarian yang nyaman, adem, dan estetik, terutama bagi mereka yang ingin mencari hiburan gratis atau konten untuk media sosial.
Meski terlihat ramai, kehadiran kelompok Rojali, Rohana, dan Romusa ini tak selalu berbanding lurus dengan peningkatan transaksi. Para pengelola mal pun mulai menyusun strategi agar keramaian bisa dikonversi menjadi penjualan.
Beberapa mal mulai menyediakan spot berbayar seperti photobooth, dan menggelar promosi yang mendorong transaksi, misalnya dengan menawarkan hadiah atau diskon khusus bagi pengunjung yang berbelanja.
-Rohanus (Rombongan Hanya Elus-Elus): Hanya menyentuh atau mengelus produk tanpa membeli
-Rohali (Rombongan Hanya Lihat-Lihat): Masuk toko hanya untuk melihat-lihat tanpa membeli
-Rocega (Rombongan Cek Harga): Datang mengecek harga tapi belanja di tempat lain lebih murah
-Romansa (Rombongan Manis Senyum Aja): Datang untuk bercengkrama atau bersantai dengan senyum manis dan tanpa transaksi
-Rotasi (Rombongan Tanpa Transaksi): Berkeliling mal namun tidak melakukan pembelian apa pun
-Rosali (Rombongan Suka Selfie): Lebih dominan berfoto-foto ketimbang membeli
-Rocadoh (Rombongan Cari Jodoh): Pengunjung yang datang dengan semangat mencari teman atau pasangan
-Rocuta (Rombongan Cuci Mata): Menikmati suasana dan display tanpa tujuan membeli
Editor : Miftahudin