get app
inews
Aa Read Next : 8 Tersangka Kasus Peredaran Narkoba di Kota Cirebon Terancam Pidana Seumur Hidup

Yahya Waloni Tersangka Dugaan Penodaan Agama

Jum'at, 27 Agustus 2021 | 13:01 WIB
header img
Penceramah Yahya Waloni jadi tersangka kasus dugaan penodaan agama ( Foto : Youtube )

JAKARTA, iNews.id - Ustaz Yahya Waloni ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri terkait kasus dugaan penodaan agama, setelah dilakukan penangkapan dan pemeriksaan intensif. 

"Melalui ceramah yang diunggah pada video di akun YouTube Tridatu yang bersangkutan disangkakan  dengan beberapa pasal,"  kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono dalam jumpa pers di Gedung Humas Polri, Jumat (27/8/2021). 

Rusdi menyebut, dasar penyidikan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap dan menetapkan Yahya Waloni berdasarkan laporan masyarakat Nomor: LP/B/0287/IV/2021/BARESKRIM tertanggal Selasa 27 April 2021. 

"Di dalam laporan polisi tersebut yang bersangkutan dilaporkan karena melakukan tindak pidana berupa ujaran kebencian bedasarkan SARA dan juga penodaan terhadap agama tertentu melalui ceramah yang diunggah pada video akun youtube Tridatu," ujar Rusdi. 

Atas perbuatannya, Yahya Waloni disangka melanggar Pasal 28 ayat (2) Juncto Pasal 45A ayat (2) UU ITE, dan juga Pasal 156a tentang dugaan penodaan agama. 

"Polri menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mempercayakan kasus ini pada Polri. Kasus ini dapat tuntaskan secara profesional transparan dan akuntabel berdasarkan UU yang ada," kata Rusdi.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut