get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Lengkap Cikal Bakal Berdirinya Kabupaten Cirebon-Jawa Barat

Makna Gemah Ripah Loh Jinawi dalam Logo Kota Cirebon, Ada Doa dan Harapan di Dalamya

Minggu, 27 Maret 2022 | 18:19 WIB
header img
Memiliki lambang atau logo berbentuk perisai berwarna kuning emas (foto : Ist)

KOTA CIREBON,iNews.id - Terletak di jalur utama lintas Pantai Utara  (Pantura) bagian timur Provinsi Jawa Barat (Jabar) Kota Cirebon merupakan salah satu tujuan wisata dan  pusat ekonomi di Wilayah III Cirebon yang meliputi Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning), Kota Cirebon sendiri di kenal dengan Kota Wali di Pantura Jawa Barat.

Kota yang berjuluk 'Kota Udang' ini, memiliki lambang atau logo berbentuk perisai berwarna kuning emas pada bagian atas dan berwarna putih pada bagian bawah.

Pada bagian perisai tersebut, terdapat daun jati berwarna hijau tua, lukisan laut berombak berwarna biru, udang rebon berwarna kuning emas dan garis bergerigi berwarna hitam sebanyak sembilan buah serta sembilan bintang berwarna putih.

Kemudian pada bagian bawah perisai, terdapat sebuah pita yang bertuliskan motto Kota Cirebon, yakni 'Gemah Ripah Loh Jinawi'.

Mengutip dari laman www.cirebonkota.co.id Secara bahasa, Gemah Ripah berarti negara jembar serta banyak rakyatnya. Dan Loh Jinawi artinya subur makmur.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut