get app
inews
Aa Text
Read Next : PT. KAI Daop 3 Cirebon Salurkan TJSL untuk Program Sosial Lingkungan di Cirebon dan Indramayu

Arus Balik Lebaran, KAI Berikan Layanan Kesehatan Gratis di Stasiun Cirebon

Senin, 07 April 2025 | 17:00 WIB
header img
PT KAI Daop 3 Cirebon memberikan layanan kesehatan gratis bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan menggunakan kereta api pada arus mudik Lebaran 2025. Foto : Riant Subekti

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id - PT KAI Daop 3 Cirebon memberikan layanan kesehatan gratis bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan menggunakan kereta api pada arus mudik Lebaran 2025. Layanan kesehatan gratis tersebut disediakan khusus selama masa angkutan mudik Lebaran mulai tanggal 4-8 April 2025 di Stasiun Cirebon.

 

“Layanan kesehatan gratis tersebut disediakan di Ruang Tunggu Eksekutif zona 2 Stasiun Cirebon, sehingga para penumpang bisa memanfaatkan fasilitas tersebut, selagi menunggu jadwal keberangkatan maupun yang baru turun dari rangkaian KA,” kata Muhibbuddin.

 

Adapun pelayanan kesehatan gratis yang dapat dinikmati oleh penumpang meliputi pemeriksaan tensi, gula darah, kolesterol, asam urat, konsultasi kesehatan dengan dokter umum, serta pemeriksaan kesehatan gigi. Layanan pemeriksaaan kesehatan gratis ini merupakan layanan tambahan yang diberikan Daop 3 Cirebon di samping Pos Kesehatan yang sudah tersedia dan bisa dimanfaatkan oleh para penumpang.

 

Sebagai bentuk optimalisasi layanan kesehatan, Daop 3 Cirebon juga memiliki Klinik Mediska yang lokasinya tidak jauh dari stasiun Cirebon. Bahkan KAI juga bekerja sama dengan banyak fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta. Tujuannya untuk melayani penumpang yang sakit atau dalam kondisi kegawatdaruratan kemudian harus dirujuk ke rumah sakit.

 

“Selama ini, apabila terdapat penumpang yang mengalami gangguan kesehatan, baik di stasiun maupun di dalam perjalanan kereta api, akan segera ditindaklanjuti oleh petugas kesehatan kami. Pada masa angkutan Lebaran 2025, tim kesehatan KAI telah membantu penumpang yang mengalami gangguan kesehatan selama perjalanan seperti, demam, sakit perut, sakit kepala, nyeri otot, dan luka lecet. Pernah juga ada penumpang yang mengalami vertigo dan dalam kondisi tidak dapat meneruskan perjalanan sehingga tim kesehatan merujuk ke pemeriksaan di Rumah Sakit terdekat,” ujar Muhibbuddin.

 

KAI menghimbau kepada para pelanggan untuk dapat memaksimalkan seluruh fasilitas kesehatan yang telah KAI disediakan. Sehingga diharapkan para penumpang kereta api dapat terjaga kesehatannya dan apabila terdapat penumpang yang mengalami gangguan kesehatan, bisa segera ditangani. KAI berkomitmen untuk meyediakan layanan yang aman, nyaman dan selamat sehingga dapat mewujudkan momen mudik tenang dan menyenangkan.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut