Cirebon Power Raih Zero Incident Award, Perkuat Operasional dan Program CSR

KABUPATEN CIREBON, iNewsCirebon.id – Cirebon Power mencatatkan capaian membanggakan sepanjang 2024 dengan memastikan operasional Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Unit 1 dan Unit 2 berjalan tanpa kendala atau gangguan (trouble-free). Keberhasilan ini mengantarkan perusahaan meraih Zero Incident Award dari Gubernur Jawa Barat pada Februari 2025.
"Operasional kedua pembangkit kami berjalan aman, sesuai standar keselamatan kerja, sehingga PLTU Cirebon Unit 1 mencapai 14 juta jam kerja (safe man hours), dan PLTU Cirebon Unit 2 mencapai 2,6 juta jam kerja. Penghargaan ini menjadi bukti komitmen kami terhadap keselamatan dan keandalan operasional," ujar Wakil Direktur Utama Cirebon Power, Joseph Pangalila, Senin (17/3/2024).
Joseph menambahkan, selama masa libur Idulfitri, PLTU Cirebon Unit 1 akan tetap beroperasi optimal untuk mendukung suplai listrik di jaringan 150 kV, sementara Unit 2 akan bersiaga guna menjaga stabilitas pasokan energi di jaringan 500 kV.
Jaga Lingkungan, Dukung Keberlanjutan
Selain fokus pada operasional, Cirebon Power juga berkomitmen terhadap kelestarian lingkungan. Perusahaan memastikan tingkat emisi tetap rendah serta aktif dalam rehabilitasi ekosistem pesisir melalui pemeliharaan kawasan mangrove di sekitar pembangkit. Upaya ini menjadikan kawasan tersebut semakin asri dan menjadi habitat bagi satwa liar. Atas konsistensinya dalam pengelolaan lingkungan, sejak 2016 Cirebon Power berhasil mempertahankan predikat Proper Biru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Kontribusi Sosial: Infrastruktur, Kesehatan, dan Pendidikan
Cirebon Power juga berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Joseph mengungkapkan bahwa perusahaan telah mendistribusikan 100% dana hasil lelang material bekas (scrap) untuk pembangunan infrastruktur desa, seperti perbaikan jalan, pencegahan banjir, dan renovasi fasilitas umum.
Di bidang kesehatan, perusahaan menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis di delapan desa serta mendukung kontinuitas asuransi bagi 3.000 nelayan. Sementara itu, untuk sektor pendidikan, dua taman baca anak yang dikelola di Desa Citemu-Bandengan dan Taman Cirebon Power rutin melayani 20-30 anak per hari.
Dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan, Cirebon Power juga mendukung program pengelolaan sampah plastik di Desa Mundu Pesisir serta pengembangan Wisata Mangrove di Desa Pangarengan yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat.
Dorong Pemberdayaan Ekonomi dan Tenaga Kerja
Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, perusahaan membina 19 kelompok UMKM yang melibatkan sekitar 300 orang di berbagai sektor, seperti makanan olahan, peternakan kambing, budidaya lele dan kepiting, kios nelayan, serta kerajinan woodcraft.
Tak hanya itu, pusat vokasi Cirebon Power telah melatih hingga 470 calon tenaga kerja terampil per tahun. Sementara itu, Taman Cirebon Power juga menjadi pusat aktivitas sosial, dengan fasilitas taman baca, sentra UMKM, serta tempat berkumpulnya komunitas dengan tingkat kunjungan mencapai 500-1.000 orang per bulan.
Bantuan Ramadan dan Mudik Lebaran
Dalam rangka menyambut Lebaran 2024, Cirebon Power menyalurkan 1.250 bingkisan bagi kaum dhuafa, anak yatim, lansia, serta pondok pesantren. Selain itu, perusahaan juga menggelar bazar murah Ramadan di Taman Cirebon Power guna membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.
Seperti tahun sebelumnya, Cirebon Power kembali bekerja sama dengan Dompet Dhuafa untuk membuka rest area ramah anak bagi pemudik di kawasan Taman Cirebon Power.
"Kami ingin memastikan perjalanan mudik lebih nyaman, terutama bagi keluarga dengan anak kecil," tutup Joseph.
Editor : Miftahudin