get app
inews
Aa Read Next : Kisah Agus, Pegawai Bank Putuskan Balik Kampung jadi Petani Jambu Kristal Sekali Panen Rp1,2 Miliar

Minim Peminat Generasi Muda, Jokowi Soroti Sektor Pertanian

Jum'at, 06 Agustus 2021 | 12:02 WIB
header img
Presiden Jokowi menyoroti masih rendahnya jumlah anak muda yang terjun sebagai petani. (Foto: Biro Setpres)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut sektor pertanian di masa pandemi ini malah menunjukkan pertumbuhan yang positif. Dimana pada tahun 2020 lalu hampir semua sektor tumbuh negatif, justru sektor pertanian tumbuh positif sebesar 1,75 persen.

“Pada kuartal I 2021 lalu tumbuh positif 2,95 persen,” katanya dalam acara Pembukaan Pelatihan Petani dan Penyuluh Pertanian, Jumat (6/8/2021).

Dia mengatakan bahwa momentum ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Kita harus membangun kemandirian pangan Indonesia dan kesejahteraan petani harus bisa meningkat secara signifikan,” ujarnya.

Mantan Gubernur DKI ini juga menyoroti masih rendahnya jumlah anak muda yang terjun sebagai petani. Menurutnya ke depan petani harus menjadi profesi yang menjanjikan.

“Petani harus menjadi profesi yang menjanjikan, profesi yang mensejahterakan. Dan kita harus membuat generasi muda lebih berminat menjadi petani, sebab dari total petani Indonesia sebanyak 71 persen berusia 45 tahun ke atas. Sedangkan yang di bawah 45 tahun sebanyak 29 persen,” katanya.

Mantan Wali Kota Solo ini berjanji akan membuat pertanian menjadi sektor yang menguntungkan.

“Pemerintah akan berusaha terus untuk membuat sektor pertanian sebagai sektor yang menguntungkan. Peningkatan profesionalisme, daya saing, harus ditingkatkan,” ungkapnya.

Dia juga mengingatkan agar petani dan kelompok tani jangan hanya bergerak di hulu saja tapi juga di hilir.

“Jangan hanya bergerak di on farm saja. Ini sudah berkali-kali saya sampaikan. Tetapi harus mulai masuk ke tahap hilirnya, tahap pengolahan pasca panennya, sampai ke packaging dan trading. Karena justru di sisi inilah keuntungan terbesar akan diperoleh,” katanya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut