get app
inews
Aa Read Next : Ucapan Selamat Idul Fitri 1445 H Dinas Koperasi & UMKM Kabupaten Cirebon

Ramadhan Berkah KSPPS Perambabulan Makmur Abadi Gelar Buka Bersama, Santunan dan Bantuan UMKM

Sabtu, 06 April 2024 | 10:33 WIB
header img
Ketua KSPPS Perambabulan Makmur Abadi, Pandi SE saat memberikan santunan kepada pelaku UMKM. FOTO : Riant Subekti/iNews Cirebon

KABUPATEN CIREBON, iNewsCirebon.id - Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Stariah ( KSPPS ) Perambabulan Makmur Abadi menyelenggarakan Buka Puasa Bersama denga Keluarga Besar KSPPS Perambabulan Makmur Abadi di kantor pusat jalan Ki Gede Mayung, Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon, Jumat (5/4/2024). 

Hadir pada kesempatan itu seluruh pengawas, pengurus, serta pengelola dari tiga cabang, yaitu Cabang Babadan, Mundu (Mertapadakulon), dan Pasar Celancang.

Acara ini juga dihadiri Kepala Desa / Kuwu Babadan, serta ketua DKM tiga masjid di tiga Desa Mayung, Babadan dan Buyut. Kegiatan tersebut diselenggarakan rutin setiap tahun.

Penyelenggaraan kali ini ada hal yang baru, yaitu menyerahkan tambahan modal untuk warga yang usia di atas 70 tahun dan masih produktif mengelola UMKM

“Benar-benar masih produktif. Contohnya Bpk Kadrani, warga blok Gayam Buyut tetap eksis dengan usaha tambal ban. Yang lainnya juga sama, punya usaha yang meskipun tergolong kecil ternyata bisa dijadikan sebagai penopang hidup,” ujar Pandi SE, ketua pengurus KSPPS Perambabulan Makmur Abadi. 

Biaya tambahan modal ini dari Baitul Mal Al Qomariyah yang notabene dana dari zakat, infak, dan sedekah pengelola yang diambil langsung dari gaji sebesar 2,5% setiap bulan. Disamping itu juga kontribusi ZIS dari pengurus, pengawas, dan anggota. 

“Jasa bagi hasil tabungan spt Tamaskop, Takopnas, dan lainnya juga termasuk penyumbang dana Baitul Mal Al Qomariyah" sebutnya. 

Pada kesempatan buka puasa ini dilakukan pemberian Santunan Anak Yatim melalui DKM Al Ikhlas Desa Babadan, Ramanda (Remaja Masjid Nurul Huda) Buyut, DKM Al Hidayah Desa Mayung. 

Bantuan untuk Yayasan Pendidikan juga bagian dari program Baitu Mal. Yayasan Insan Shodiqin Babadan, MTs Al Ikhlas Mayung, serta RA Mathlaul Huda Desa Buyut mendapat prioritas bantuan dana. 

Serta bantuan dana yang secara rutin digelar BM AQ yaitu bantuan yang diberikan pada tempat ibadah. Masjid yang mendapat bantuan diantaranya Masjid Jami Al Ikhlas desa Babadan, Masjid Jami Al Hidayah Desa Mayung, Masjid Jami Nurul Huda desa Buyut, Masjid At Tibyan Desa Buyut, Langgar Nur Ibrahim (Dekopinda).

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut