get app
inews
Aa Read Next : KPU Kabupaten Cirebon Persoalan KPPS 25 Desa Kaliwulu Miskomunikasi

Kantor Pertanahan Serahkan 5 Sertifikat Elektronik Kepada Bupati Cirebon

Selasa, 02 April 2024 | 12:07 WIB
header img
Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Cirebon, Hesekiel Sijabat, S.T., menyerahkan lima sertipikat elektronik pertama aset tanah Pemerintah Kabupaten Cirebon. FOTO : iNews Cirebon

KABUPATEN CIREBON, iNewsCirebon.id -Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Cirebon, Hesekiel Sijabat, S.T., menyerahkan lima sertipikat elektronik pertama aset tanah Pemerintah Kabupaten Cirebon, Selasa(2/4/2024). 

Penyerahan sertifikat elektronik tersebut, dilakukan usai acara inti upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Cirebon yang ke 542, di halaman Kantor Bupati Cirebon.

Secara simbolik sertifikat elektronik diterima langsung Bupati Cirebon, Drs. H. Imron Rosyadi, M.Ag. yang didampingi Wakil Bupati, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E., M.Si.

Penggunaan tanahnya adalah Kantor Kecamatan Waled dan RSUD Waled. Kecamatan Waled merupakan kecamatan yang menjadi Pilot Project Kecamatan Lengkap dan Siap Elektronik pertama di Kabupaten Cirebon.

Langkah Kantor Pertanahan Kabupaten Cirebon terkait sertifikat elektronik ini yakni menindaklanjuti Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 3 Tahun 2023 tentang Penerbitan Dokumen Elektronik Dalam Kegiatan Pendaftaran Tanah mulai tahun 2024, pelaksanaan Kegiatan Sertipikasi Tanah Aset Instansi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa dilaksanakan sepenuhnya secara elektronik.

Hesekiel Sijabat, menegaskan bahwa sertipikat tanah elektronik akan meningkatkan keamanan dan kerahasiaan data juga menghilangkan resiko kehilangan, pencurian dan kerusakan karena bencana kebakaran, banjir atau bencana lainnya. 

"Jadi ke depan tidak akan lagi ada laporan kehilangan sertipikat dan meminta sertipikat pengganti ke Kantor Pertanahan. Tinggal dicetak lagi apabila diperlukan oleh Pemerintah Daerah," pungkasnya. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut