get app
inews
Aa Read Next : Masa Angkutan Lebaran 2024, KAI Daop 3 Cirebon Siagakan 305 Personel Keamanan

Imbas Banjir Semarang Ganggu Perjalanan KA Daop 3 Cirebon

Kamis, 14 Maret 2024 | 14:38 WIB
header img
Imbas Banjir Semarang Perjalan KAI Wilayah Daop 3 Cirebon Terganggu. Foto : iNews.id

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id - Beberapa perjalanan kereta api yang melintasi wilayah Daerah Operasi 3 Cirebon terganggu akibat terdampak banjir yang mengakibatkan genangan air pada jalur KA di wilayah Daop 4 Semarang.

Genangan air saat ini terjadi di 3 titik di wilayah Daop 4 Semarang yang meliputi Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng - Alastua, Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng - Semarang Poncol, dan Petak Jalan Mangkang - Kaliwungu. 

“Kejadian ini terjadi pada Kamis pagi (14/3) pukul 00.30 WIB karena curah hujan yang tinggi sehingga di wilayah tersebut untuk sementara tidak dapat dilintasi yang berdampak pada perubahan pola operasi beberapa KA di lintas utara Jawa,” ujar Rokhmad Makin Zainul, Manager Humas Daop 3 Cirebon,Kamis (14/3/2024). 

KAI mengucapkan permohonan maaf atas terganggunya perjalanan kereta api dampak dari cuaca buruk dan menyebabkan jalur KA di wilayah Semarang sementara tidak dapat dilalui. KAI segera melakukan upaya perbaikan jalur rel di lokasi tersebut dengan mengerahkan petugas prasarana dan menyiapkan material di lokasi yang terendam banjir tersebut. Saat ini petugas KAI Daop 4 Semarang terus melakukan normalisasi jalur tersebut, dan perjalanan kereta dialihkan memutar.

KAI juga memberikan Service recovery (SR) berupa minuman , makanan ringan dan makanan berat kepada para pelanggan KA yang mengalami kelambatan akibat banjir tersebut. Adapun update info selanjutnya akan kami kabarkan lebih lanjut.

Atas kondisi tersebut maka untuk keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api, KAI melakukan sejumlah langkah berupa perubahan pola operasi perjalanan. Selain itu juga dilakukan rekayasa pola operasi jalan memutar untuk 14 KA yang melintas di jalur Utara ke jalur Selatan diantaranya :

1. KA Pandalungan sebanyak 2 KA

2. KA Argo Bromo anggrek sebanyak 2 KA

3. KA Majapahit sebanyak 2 KA

4. KA Brawijaya

5. KA Sembrani sebanyak 2 KA

6. KA Kertajaya 

7. KA Harina

8. KA Darmawangsa

9. KA Gumarang

10. KA Jayabaya

 

KAI tetap berkomitmen untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta api. Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media social @KAI121.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut