get app
inews
Aa Read Next : Ayah Eki Seorang Polisi Ikut Berjuang Juga 8 Tahun Cari Pelaku Pembunuhan demi Keadilan Sang Anak

Kanker Tiroid Apakah Berbahaya dan Bagaimana Gejalanya, Simak Penjelasan Ini 

Sabtu, 05 Februari 2022 | 14:44 WIB
header img
Kanker tiroid merupakan penyakit yang jarang terjadi. Penderita yang mengalami kanker tiroid sering kali tidak merasakan gejala apa pun pada awalnya. (Foto: IST/Ilustrasi)

CIREBON,iNews.id - Kanker tiroid merupakan penyakit yang jarang terjadi. Penderita yang mengalami kanker tiroid sering kali tidak merasakan gejala apa pun pada awalnya. 

Jika ukuran kelenjar tiroid sudah cukup besar, bisa tampak benjolan atau pembengkakan pada bagian depan leher.

Secara medis, kelenjar tiroid terletak di leher, berbentuk seperti kupu kupu dan berperan penting guna memproduksi hormon tiroid dengan banyak peran yang berkaitan dengan metabolisme tubuh, bahkan mengatur detak irama jantung, dan beberapa hal penting lain untuk organ tubuh. 

Melalui edukasi bincang sehat pada kanal Instagram Siloam Hospitals Cirebon (Rumah Sakit Siloam Putera Bahagia Cirebon), Dokter Spesialis  Bedah Onkologi, dr Michael Tetan-El Sp.B(K)Onk., menjelaskan ganggguan kelenjar tiroid diketahui melalui dua kategori yaitu Fungsi dan Bentuk/Struktur. 
  
"Gangguan fungsi, ketika hormon tiroid yang sangat berguna itu terlalu sedikit dikenal dengan hipotiroidisme dan atau terlalu banyak dikenal dengan hipertiroidisme lalu kemudian gangguan bentuk atau struktur yang disebabkan penyakit gondok, nodul tiroid atau bahkan kanker tiroid," ungkap Michael Tetan-El.

Penyebab dan faktor risiko gangguan fungsi tiroid adalah kekurangan Iodium, Autoimun, peradangan kelenjar tiroid, proses melahirkan, faktor genetik. Sedangkan penyebab dan faktor risiko gangguan struktur tiroid diantara nya kekurangan Iodium, memiliki riwayat paparan radiasi pada kepala dan leher, perokok.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut